Website Wapannuri

LANGKAH PERTAMA MEMULAI USAHA SENDIRI

Apa langkah pertama yang harus saya lakukan untuk mulai membangun usaha sendiri ? Beberapa orang begitu mudah untuk membuka usaha baru mereka, namun hampir sebagian besar orang mengalami kesulitan.Termasuk saya ! Setelah bergumul, bertanya kesana kemari dan mengevaluasi pengalaman hidup saya sendiri maka saya menemukan dua kebenaran yang aneh tapi nyata. Kebenaran pertama, bahwa saya dan anda unik. Cara saya berbeda dengan cara anda. Sekalipun cara saya terbukti sukses, belum tentu bisa memberikan hasil yang sama pada anda. Kebenaran kedua adalah visi pribadi. Let's rock !

Langkah Pertama Memulai Usaha

 

KITA BERBEDA! KITA UNIK, KITA AJAIB !
Apa kelebihan anda ? Dimana letak kelemahan anda ? Apa ketakutan terbesar anda ? Pekerjaan apa yang memberikan kepuasan bagi anda ? Apa mimpi anda ? Apa yang anda sukai sehingga rela tidak dibayar untuk melakukan hal itu? Jika anda belum bisa menjawab pertanyaan - pertanyaan ini berarti anda belum siap untuk memulai usaha sendiri. Tenang saja, jangan terburu-buru. Segala sesuatu ada masanya.

Ada masa menanam, juga ada masa menuai. Ada masa sukses, juga ada masa suram. Ada rame dan ada sepi. Kadang kita naik ke atas, namun ada masanya kita terjun bebas. Roda itu berputar ! Akan ada suatu titik dimana segala sesuatunya akan berbalik 180 derajat. Miskin jadi kaya atau sebaliknya kaya jadi kere. Segala sesuatu ada masanya, menurut waktu Tuhan yang tepat waktu. Tidak pernah lebih cepat juga tidak pernah terlambat. Tuhan kita itu PAS !

Kita tidak bisa mempercepat atau memperlambat takdir yang sudah ditetapkan dalam hidup kita. Kita tidak bisa meminta Tuhan mempersingkat masa-masa suram usaha baru kita. Sama halnya kita tidak bisa menghentikan masa-masa kebanjiran order usaha kita. Ketika waktunya sudah tiba, maka anda akan kewalahan menerima berkahNya. Jika anda sepenuhnya sadar, seharusnya mulut anda akan mengatakan, "Siapakah aku ini Tuhan, sehingga Engkau memberkati aku dengan berlimpah - limpah ?"

Wes cukup ngimpinya Pak ! Saiki mbalek ke topik kita ! Apa yang harus kita lakukan pertama kali waktu memulai usaha sendiri ?

Oh...ya...ya...ya...aku kakehen ngombes ya ? Maaf...maaf...maaf !  ^-^'

Bos Garmen SurabayaBaiklah, langkah pertama yang harus kita lakukan untuk memulai usaha sendiri adalah menerima dengan lapang dada bahwa kita unik. Kita berbeda dengan teman-teman kita. Kita memiliki kelebihan yang berbeda dibandingkan kelebihan teman - teman kita. Dan kita memiliki cara kerja tersendiri yang membuat cara kerja kita jauh lebih efisien. It's my Way of Ninja kata Naruto. Ada orang yang bekerja sambil mendengarkan musik,  ada orang yang harus bekerja dalam keheningan, dan ada juga orang yang bekerja sambil ngemil. Tapi, saya bisa pastikan tidak ada orang yang bekerja sambil tidur !

Ada orang yang kerjanya keluyuran, cari teman baru dan mendapatkan manfaat dari pertemanan tadi. Sebaliknya ada orang yang kerjanya di depan komputer, kuper namun menghasilkan banyak uang dari program yang dibuatnya. Dunia ini aneh - aneh ! Teman saya tidak pernah marketing, tidak pernah bertatap muka dengan calon pembelinya dan juga tidak pernah costumer visit. Namun saat ini kebanjiran order bikin seragam kerja atau seragam sekolah. Modalnya hanya sebuah fax dan disain.

Saya ceritakan sedikit mengenai si Boen Tjwan ini ya. Anda pasti berpikir nama Tjwan (untung)  pasti hidupnya hoki karena tjwan terus . Nggak, malah sebaliknya, hidupnya gak tjwan. Mungkin karena sebelum nama tjwan-nya ada nama Boen-nya. Kan bisa saja kepleset nyebut namanya Mbo (gak)  Tjwan (untung). Pak Mbo Tjwan, nek seragam kayak gini piroan ? Gak oleh kurang tah pak Mbo Tjwan ? Kan anda orang baik pak, gak suka tjwan! Mbo. Tjwan alias gak untung !

Nah, pesan moral dari cerita tentang nama ini adalah berilah nama anak anda seperti ini: Tjwan Ce Tiau ( untung sejuta) atau Tjwan Cap Tiau (Untung sepuluh juta). Ojok nanggung nek kasih nama kayak Tjwan Ce Mban (Untung sepuluh ribu) atau Tjwan Ce Pek (untung seratus). INGAT ! Paling titik Ce Tiau !

Boen Tjwan ini dulunya adalah guru saya. Waktu itu kita kerja buat Tuhan bikin majalah remaja.Si Boen Tjwan ngajari saya Corel draw, photoshop, nyuntik printer Canon, ngecat tembok pake penghapus papan tulis kapur dan banyak lagi yang berhubungan dengan komputer. Mungkin dari sanalah bibit cinta saya mulai bersemi. Cinta kepada komputer, bukan ama Boen Tjwan ! Saya pria normal yang tertarik kepada wanita rek ! Nek ambek Boen Tjwan yo gak ngatasi....

Saya harus jujur kepada anda, bahwa keberadaan Boen Tjwan sangat banyak mewarnai kehidupan saya. Seandainya gak kenal dan gak diajari komputer ama Boen Tjwan ini, maka saya tidak akan memutuskan untuk Full Time di disain website . Dan anda pun tidak akan menemukan www.wapannuri.com yang katanya orang-orang enak dibaca, menginspirasi dan bikin ketawa sendiri. Ma kasih ya Tjwan atas pelajaran CorelDraw dan Photoshopnya ! Cup...cup..muaah... muaah....

Pak Wapan.....ojok kakehen ngombes yooo ! Kapan mulainya ? Apa langkah pertama yang harus saya lakukan untuk usaha baru saya ????? Cepetan taaah ! Duh....wong iki....ngecepret sing gak penting - pentimg ae....

Nah, singkat cerita... emboh aku kok yo lali... kejadian apa yang mempertemukan kami kembali. Pokok'e mulai tiga bulan lalu, saya dan Boen Tjwan gowes tiap minggu pagi. Nah, saya tanya caranya membangun usaha konveksi-nya. Dia benar-benar tidak mempunyai koneksi saat itu. Biasa orang pas-pasan, koneksi juga pas-pasan.

"Yang bisa tak lakukan saat itu hanya bikin surat penawaran yang tak buat menarik. Tak kasih gambar disain baju seragam kerja. Pokok'e bukan surat penawaran yang biasanya dibuat orang-orang. Surat penawaranku kayak brosur. Terus aku ambil buku kuning, tak cari pabrik-pabrik yang lokasinya di Surabaya. Tak fax-kan surat penawaranku.

Putra Meciko GarmenSetiap hari aku nge-fax 60 surat penawaran. Selama belum nyampe 60 alamat aku gak bakalan berhenti. Nah, hasilnya dari 60 itu. 5 orang telepon balik ke aku, 3 orang minta janjian dan 1 orang yang close ! Setiap hari caraku cari order ya kayak gitu. Hanya itu yang terpikirkan olehku.

Sekarang, aku wes ganti mesin fax, soale sing lama wes jebol ! Puji Tuhan, sekarang ini aku wes gak tau nge-fax lagi. Tepatnya semenjak tiga tahun yang lalu aku wes gak tau nge-fax. Order wes dateng terus.

Sekarang ini, Putra Meciko Garmen (PMG) sudah berumur 6 tahun. Penjahitnya 15 orang lebih, belum tukang potongnya, tukang kirimnya dan tukang-tukang lainnya. Mestinya Pak Boen Tjwan berencana menambah mesin jahit tapi tempatnya gak cukup, nunggu tempat barunya selesai dibangun lalu nambah mesin jahit plus tukang jahitnya. Fiuuuh.... sungguh menajubkan  dengan apa yang bisa dilakuan oleh sebuah mesin fax. Oh iya, tanggal 1 Juni 2012 akan ditetapkan sebagai hari ulang tahun website perusahaan konveksinya. Silahkan mengunjungi www.GarmenSurabaya.com untuk memesan seragam kerja atau seragam sekolah di Pak Boen Tjwan.

Usul pak....gimana kalo nanti anaknya Pak Boen Tjwan dikasih nama Fax Tjwan untuk mengenang perjuangannya membesarkan usahanya. GUNDULMU !

 

PERCAYALAH DENGAN KEYAKINAN ANDA
Bisakah anda melihat masa depan anda dari usaha yang anda geluti saat ini. Ya Betul! Usaha baru yang anda mulai sekarang ini ! Tahukah anda produk apa yang akan anda jual kepada orang lain ?  Apa manfaat produk anda bagi mereka ? Bagaimana produk anda bisa memberikan nilai tambah atau keuntungan bagi yang membelinya ? Jika jawaban atas semua pertanyaan diatas adalah YA SAYA TAHU maka anda sudah  berada di jalur yang benar.

Jangan pikirkan kegagalan anda, jangan kuatir dengan masa depan anda dan jangan takut dengan kemungkinan terburuk yang akan anda hadapi. Sudah kodrat manusia untuk lebih mudah berpikir negatif dibandingkan berpikir positif. Sesungguhnya kesuksesan anda ditentukan oleh kemampuan anda menekan emosi negatif ini dan memperbesar emosi positif diri anda sendiri.

Brandon IMB100% kendali ada di tangan anda. Anda yang memutuskan pikiran mana yang akan menguasai diri anda. Anda bisa, bahkan sangat bisa, mengenyahkan pikiran negatif dari otak anda. Anda juga bisa membiarkan pikiran negatif menguasai diri anda kalau anda mempersilahkannya. Ingatlah bahwa kecenderungan manusia adalah berpikiran negatif. Sekalipun anda memutuskan untuk bersikap optimis, godaan untuk berpikir pesimis itu selalu muncul.

Orang sukses dan orang gagal sama-sama merasakan emosi negatif ini. Perbedaannya, orang sukses mengalahkan pikiran negatif, sikap pesimis, ketakutan dan rasa minder dalam dirinya. Sementara orang gagal menyerah terhadap emosi negatif ini. Padahal, sesungguhnya ini adalah pilihannya sendiri. Keputusannya sendiri. Anda bisa mengalahkan rasa takut memulai usaha sendiri. YA ! Anda bisa ! Saya yakin, 1000% percaya anda bisa !

Anda harus yakin dengan pengelihatan anda sendiri. Saya menyebut pengelihatan ini sebagai visi pribadi.Mengapa kok visi pribadi ? Karena anda hanya bisa melihat kehidupan anda sendiri. Anda tidak bisa melihat kehidupan orang lain. Anda tidak bisa melihat apa yang orang lain lihat dalam pekerjaan mereka. Demikian pula sebaliknya. Orang lain tidak bisa melihat masa depan yang anda lihat dari pekerjaan anda sendiri. Ngerti nggak sih maksudku ?

Pelajaran ini saya dapatkan dari seorang teman lama saya. Dia bermimpi untuk hidup dari seni, tepatnya dari tarian. Dia seorang laki-laki sejati dalam arti sesungguhnya. Pria yang tertarik dengan wanita gitu loh ! Soal'e ada kesan cowok penari kebanyakan "bocor alus". Saya memanggilnya Jonas.

Si Jonas ini masa kecil kurang bahagia. Pokok'e hidupnya susah. Uang saku gak dikasih, harta tak punya dan muka tak seberapa. Dia sih bilang gak ganteng, dia bilang kalo dirinya itu manis....  ciee..ileh...narsis bener nih anak ! Saya dan Jonas sama-sama pria sejati sekalipun pernah bobok bersama. Yak apa gak bersama, wong sekolahnya sama, grup renangnya sama, mainnya sama-sama dan nakalnya juga sama (tapi ijek nakalan si Jonas kok)

Percaya Diri

Singkat cerita, Jonas, saya dan seorang teman lagi yang namanya gak saya sebutkan karena masih belum waktunya muncul, mendirikan Event Organizer. Jika anda membaca tulisan-tulisan lama saya pasti akan menemukan artikel yang membahas mengenai perjalanan kami bertiga. Di sana juga ada link website EO saya yang sudah tidak aktif lagi karena wes kita tutup tahun 2010 lalu.

Nah, visi si Jonas pun sama, dia memiliki pengelihatan bahwa dia bisa hidup dari seni tari. "Aku akan membuktikan pada dunia bahwa orang bisa hidup kaya dari tarian," katanya pada saya. Padahal saat ini kita sedang bekerja di bidang Wedding Organizer. Emang kok, si Jonas itu suka mimpi di siang bolong. Pernah suatu kali tak bilangin, "Pak, di Indonesia, mana ada orang yang hidup dari nari ! Mendingan cari kerjaan lainnya aja. Wes tah lah, gak mungkin iku yo Pak." (Nasihat yang menjatuhkan dari seorang teman baik)

Tapi, pancet ae arek sitok iki. Bukannya berhenti, malahan narik salah satu arek Punk dari Malang yang namany Sammy. Modelnya kayak Sammy, item, kriting, keceng plus krempeng. Nek gak salah tahun 2005 si Sammy resmi jadi Children Fruit-nya Jonas. Kerjanya si Sammy bobok, nari, bobok, nari dan bobok lagi. Nah looo, bener kan kata gue. Kamu gak bisa hidup dari nari ! Indonesia gak menghargai seni dan olahraga ! Percaya deh ambek omonganku !

Tapi, saat ini saya harus menelan ludah saya sendiri. Malu ya Pak Wapan ? Nggak juga sih, malahan mata saya terbuka lebar-lebar (padahal tetep segaris, yak apa cara buka lebar-lebar ???) Ramalan saya keliru semua, malahan saya kalah sama si Sammy. Dia wes bolak-balik keluar negri untuk nari. Barusan pulang dari Jepang ! Gile, ketemu ambek geisha Jepang ! Si Jonas lebih hebat lagi, wes sampe Eropa, foto di depan menara Eifel, beli rokok di Swiss terus balik ke Indonesia.

Last Minute Hip HopSekarang ini, dia punya tim tari ngetop yang namanya Last Minute Street Crew. Dan punya senjata rahasia Brandon Indonesia Mencari Bakat. Semuanya adalah anak didikannya. Bro Jonas sudah membuktikan kepada saya bahwa orang bisa hidup dari tarian. Dan kepada dunia juga. Dia tidak berhenti di situ. Saat ini pengelihatannya adalah membangun sekolah tari.

Jika anda bertanya kepada saya, maka saya akan menjawab dengan jujur, "Mana bisa sugih dari membuka sekolah tari Hip Hop ? Kalo balet sih mungkin. Hip Hop ?" (Saya ngaku salah!)

Nah, itulah yang saya maksudkan dengan visi pribadi. Anda tidak akan pernah bisa melihat visi pribadi orang lain. Demikian pula si Jonas gak bisa melihat visi pribadi saya di bidang jasa pembuatan website. Mana bisa orang cari duit dari Internet ? Yak apa caranya dapat duit pake internet ? Jonas memang tidak bisa melihat apa yang saya lihat dari internet. Demikian pula saya tidak bisa melihat apa yang dilihat Bro Jonas dengan tariannya !

Itulah visi pribadi kita ! Unik ! Berbeda ! Dan tentunya strategi beserta caranya pun juga berbeda ! "It's My Way of Ninja" kata Naruto.

 

KESIMPULAN
Langkah pertama memulai usaha sendiri sebenarnya sangat sederhana. Lakukan apa yang bisa anda lakukan saat ini. Sekarang juga, jangan menundanya ! Yakinlah dengan kemampuan anda sendiri ! Percayalah bahwa dengan melakukan hal-hal yang bisa anda lakukan saat ini akan menghasilkan pada waktunya. Jangan bingung dengan hasilnya. Anda hanya perlu melakukan tugas anda dan serahkan sisanya pada Tuhan.

Lakukan dengan konsisten. Terus kerjakan, kerjakan, kerjakan, kerjakan,  kerjakan dan kerjakan. Terus....terus...terus. Jangan berhenti berjuang, jangan berhenti mencoba, jangan menyerah, jangan pernah menyerah dan jangan pernah sekali-kali untuk menyerah. Anda harus terus mencoba sampai akhirnya anda akan berpikir dan berkata,"Mau tidak mau, saya akan berhasil karena saya sudah tidak bisa lagi menemukan penyebab kegagalan saya."

Itulah yang dilakukan oleh Thomas Alfa Edison dengan percobaan bola lampunya. Dia sudah tidak menemukan sesuatu yang menyebabkan bola pijarnya tidak menyala lagi. Setelah kegagalannya yang ke 9.998. Tidak ada yang bisa tau seberapa langkah lagi anda terhadap keberhasilan anda. Bisa 1000 langkah lagi atau satu langkah lagi ! Keep Fighting, 'till the last drop !

Rahasia Kesuksesan yang Aneh tapi Nyata
Mau tahu rahasia kesuksesan yang terbukti ? Gratis ! 100% Gratis !

Share this content

ARTIKEL TERBARU

BISNIS ONLINE

SERI WIRASWASTA

PERENCANAAN KEUANGAN

ARTIKEL LEPAS