Website Wapannuri

PEKERJAAN YANG AKAN MEMBUAT KITA KAYA

Waktu gowes bersama teman saya, dia berkata secara eksplisit, "Kamu kerja jadi disainer website gak bisa kaya." Langsung saja pikiran saya kembali ke tahun 2001 lalu. Saya ingat perkataan yang saya ucapkan kepada seorang teman SMP saya yang bunyinya tidak jauh beda, "Pak, kamu salah milik pekerjaan.Gak ada orang yang mau bayari kamu nari Hip Hop. Tarianmu itu untuk kalangan bawah, street dance. Gak ada perlombaannya kayak balet. Kamu gak bakalan sugih, Pak." Hari ini, saya menjilati ludah saya sendiri. Dia sudah sukses dan berhasil membawa Hip Hop ke mancanegara, Singapura, Australia, Jepang dan negara-negara Eropa lainnya. 

Sukses bekerja dari berjualan nasi bungkus

 

PEKERJAAN YANG BISA MEMBUAT KAYA

Kerja apa yah ? Yang gampang, dicari orang, dan bisa bikin kita kaya. Demikian pertanyaan yang muncul dalam pikiran anda setelah bekerja menjadi karyawan selama beberapa tahun atau setelah menginjak usia 30 tahun.

Mengapa anda berpikiran seperti itu ? Karena jenuh dengan pekerjaan anda sekarang ini atau karena gaji anda gak cukup untuk memenuhi keinginan anda ? Atau karena melihat teman-teman anda ganti mobil tiap tahun dan beli rumah tiap beberapa tahun ? Sebelum anda bisa menjawab pertanyaan ini dengan jujur, maaf, anda belum siap menjadi seorang pengusaha ! Mental anda belum siap dan kemampuan anda belum memenuhi standar menjadi seorang pengusaha.

Saya yakin, 90% motivasi untuk kaya didasari oleh kegalauan atau kejenuhan anda dengan pekerjaan saat ini. Apalagi yang sudah bekerja di tempat yang sama diatas lima tahun. Tiap hari melakukan yang itu - itu saja, masuk jam delapan pagi, istirahat jam satu siang kemudian pulan jam lima sore. Masalah yang sama, hari yang sama dan teman-teman yang sama pula. Mblenger tau....apalagi jika ada seseorang yang muke-nye gak ngrejekeni, ngentutan, ngibulan, ngatokan dan ngrepoti. Ya Tuhan, panggilah dia lebih cepat supaya kita sama-sama bahagia.

Nasi sambal YeyeSemua pekerjaan bisa membuat kita kaya.Tidak ada satu bidang pekerjaan yang tidak memiliki prospek. Mulai dari jualan tahu, koran, kardus bekas, brownies, hip hop, ikan hias, keripik sampai jualan sabun beras. Semuanya dipenuhi dengan orang-orang yang sukses dalam bidang tadi. Di jalan Kedungdoro, Surabaya ada tacik-tacik yang jualan lumpia goreng di pinggir jalan. Anak-anaknya tinggal di Amerika semua. Di jalan Wonokromo, ada nasi sambel ikan Pe yang ngemper. Kalo mau makan harus antri minimal 15 menit baru dijuali. Di Bangkalan ada Bebek Sinjay yang buka jam 7 pagi, jam sembilan sudah habis. Ada Amanda brownies yang namanya sudah jadi nama generik untuk kategori brownies kukus. Kalo saya sebutkan semuanya, bisa-bisa artikel ini isinya tentang toko-toko saja....^-^'

Saya yakin, masing-masing dari anda bisa menyebutkan usaha antik lainnya yang menuai kesuksesan besar sampai membuat pemiliknya kaya raya. Sungguh aneh buat saya jika anda masih bingung dengan masalah " kerja apa yaaa....yang bisa buat saya sugih."  Preeen....semua pekerjaan, apapun bentuknya, dimanapun jualnya....bisa membuat kita kaya. Gak percaya? Itulah alasannya mengapa kok anda gak sugih-sugih, kok pancet ae, kok gak maju-maju. Karena anda tidak percaya dengan diri anda sendiri, anda punya keminderan yang terselubung atau kesombongan yang tak nampak.

Menurut anda, keadaan atau situasi apa yang bisa dikategorikan sebagai "kaya" ? Tabungan Milliar di bank ? 10 kilo emas di lemari baju atau gaji 25 juta sebulan ? Anda tahu mengapa ada orang bisa memiliki tabungan miliaran di bank mereka ? Tahu pak, soale bapak'e wes sugih ! Tahu pak, soale dia dulu kerjone soro, sekarang tinggal memetik buahnya. Tahu pak, dia menang undian berhadiah, makanya bisa kaya mendadak !

Kerja keras adalah salah satu poin yang kita setujui bersama sebagai rahasia kekayaaan. Teman kita 2 kali lebih kaya dari kita karena dia bekerja 2 kali lebih keras dari kita. Teman kita lainnya 10 kali lebih kaya dari kita karena bekerja 5 kali lebih cerdas dari kita.  Yang lainnya 100 kali lebih kaya dari kita karena bapaknya 100 kali lebih kaya dari bapak kita....itu rejekine rek....ojok iri !

Kerja keras vs kerja cerdasDi sisi lainnya kita bisa melihat di bawah kita. Teman kita lebih soro dari kita karena bapaknya gak gelem soro waktu masih muda. Atau karena teman kita 2 kali lebih malas dari kita. Tapi ada juga teman lainnya yang tidak bekerja namun 50 kali lebih kaya dari kita. Kerja apa dia ?
Bapake sugih bek'e.....nggak juga !Terus kok isa sugih pak ? Dapet warisan ? Nggak juga....loh terus kerja apa pak....saya juga mau nek gitu.... gak kerja isa sugih !  Sungguhan tah pak ? Ojok mbujuki...tiwas wes mboco sampe entek !

Nah....memang ada penyimpangan (saya menyebutnya demikian) dalam kehidupan ini. Ada beberapa orang atau beberapa hal yang aneh tapi nyata. Ada orang yang hidupnya dari undian berhadiah saja. Ada juga orang yang masih muda sudah kaya raya. Itulah keanehan di dunia ini, tentunya selain homo dan lesbi. Beberapa orang seakan-akan diberkati oleh Tuhan terlepas dari apa yang dia kerjakan dalam hidupnya.

Kita boleh iri dengan orang seperti ini, tetapi kita harus tahu bahwa jumlah spesies langkah seperti ini tidak banyak. Mungkin 1 orang dari 100 juta.

Artinya, 99.999.999 orang lainnya harus hidup dengan cara normal. Bekerja, bekerja, bekerja dan berdoa. Cara kerja kita menentukan kesuksesan kita. Bekerja dengan cerdas berbeda dengan bekerja keras. Bekerja keras dan cerdas saja tidak cukup untuk membuat kita kaya. Anda perlu bekerja keras, cerdas dan benar.

 

TIPS  BEKERJA KERAS, CERDAS DAN BENAR

Pahami keunikan diri anda. Percayalah bahwa anda memiliki kemampuan istimewa yang membedakan anda dengan orang lain. Pasti ada sesuatu yang bisa anda kerjakan secara efisien dan efektif dibandingkan dengan teman anda atau orang-orang lainnya. Temukan keunikan itu dan asah. Fokuslah dengan kelebihan anda, bukan dengan kekurangan anda. Saya gendut pak, kepingin kurus.....Sekali lagi teman....fokuslah kepada keahlian anda....bukan dengan penampilan anda !

Salah satu cara untuk mengetahui kelebihan anda adalah dengan mencari suatu aktifitas yang anda sukai, dimana anda rela mengerjakannya sekalipun tidak dibayar. Saya tahu pak Wapan, saya rela bermain game facebook tanpa dibayar....Bagus ! Saya juga bisa menemukan seratus orang seperti anda ^-^' bahkan lebih.

Yah...karena anda tahunya cuman mainan game komputer, maka analisalah jenis game yang anda sukai. Kalo main Poker di facebook kelebihan saya apa ya pak ? Angel njawab'e aku... game lainnya ae rek !

Monopoly Tycoon

Kalo saya suka main game Monopoly Tycoon. Game ini bisa dimainkan secara multiplayer dalam jaringan intranet. (LAN). Tujuan permainan ini adalah menjadi orang terkaya dengan cara membangun bisnis. Ada beberapa bisnis yang bisa anda pilih yang dapat saya kategorikan sebagai bisnis siang dan dunia malam. Bisnis siang itu seperti membangun toko kelontong, toko roti, membangun perumahan atau fitness center. Sedangkan bisnis dunia malam membuka night club, cinema 21, travel agen dan diskotik.  

Di game Monopoly Tycoon ini juga ada pembagian daerah, perumahan high class, middle dan kelas bawah. Anda perlu behati-hati ketika membangun tempat usaha anda. Membangun fitness center di area high class lebih menguntungkan daripada membangunnya di kompleks RSSSSSS. Anda juga bisa membangun apartemen dan menentukan harga sewanya. Hati-hati dengan tingkat inflasinya. Kalo terlalu murah,  anda rugi,sedangkan kalo kemahalan, tidak ada yang mau menyewa. Padahal biaya tetap jalan terus.

Pokoknya, saya suka jenis permainan yang menjadikan saya seorang pengatur. Saya suka game manajemen, secara implisit kemampuan dan kesukaan saya adalah manajemen. Lalu, game jenis apa yang anda sukai ? Menjadi apa anda dalam permainan itu ? Mungkin itulah salah satu petunjuk yang bisa anda gunakan untuk mengetahui kemampuan anda sebenarnya. Kemudian cobalah menciptakan peluang usaha yang mirip dengan game yang anda mainkan.

Darimana asal kekayaan kita ?Kedua, darimana asalnya kekayaan ? Jelas pak ! Asal kekayaan itu jelas dari kerja keras kita ! Ucapakan selamat tinggal dengan mental karyawan anda ! Coba praktekan cara ini kedalam pekerjaan anda sekarang. Bekerjalah 10 kali lebih keras, siapa tahu bos anda akan menambah gaji anda 10 kali. Kalo ternyata bulan depan gaji anda naik 10 kali lipat, maka bulan berikutnya bekerjalah 100 kali lebih keras dari bulan kemarin.

Jangan salahkan saya atau bos anda jika ternyata slip gaji yang anda terima tidak ada hubungannya dengan seberapa keras anda bekerja. Salahkan diri anda sendiri !

Nek kamu bersedia bekerja 100 kali lebih keras ngapain tetap ikut orang ? Bos itu punya perhitungan sendiri, posisimu itu nilainya sudah ditetapkan jauh-jauh hari sebelum kamu mengisinya. Gajimu itu maksimal tiga juta rupiah... kalo kamu gak mau, masih banyak orang lain yang mau posisimu dengan bayaran segitu. Itu pasarannya om ! Nek kamu nemu posisi yang sama dengan gaji yang lebih besar, silahkan saja kerja di sana ! Apa kamu pikir posisi sama gaji beda itu berarti kerjaannya sama ? Mana ada bos yang gak pake perhitungan ? Bos bisa sugih karena semuanya sudah dihitung !

Saya yakin anda juga mengerti konsep ini. Hanya saja anda belum pernah mengalami menjadi seorang BOS. Suatu saat nanti, ketika anda nekad untuk menjadi pengusaha, anda pasti memperlakukan hal yang sama dengan bos anda saat ini. Anda bisa menghakimi bos anda karena tidak pernah merasakan susahnya menjadi seorang bos. Ingatlah bahwa ukuran yang kamu pakai untuk mengukur seseorang, akan diukurkan juga kepadamu dengan cara yang berbeda. Sebagaimana kamu menghakimi, dengan cara itulah kamu akan dihakimi. Karena itu jangan pernah menghakimi.

Jadi, darimana rejeki itu berasal. Kekayaan anda saat ini itu sumbernya dari mana ? Kerja keras anda ? Koneksi anda ? Keberutungan anda ?

Ketika anda memutuskan berpindah kuadran, dari karyawan menjadi pengusaha maka anda harus menyadari bahwa rejeki itu datang dari Tuhan. Keberhasilan anda saat ini 30% usaha anda dan 70% berkat Tuhan.Kok bisa pak ? Anda gak kebalik tah ? 70% kerja keras dan 30% berkat Tuhan. Yah, itu terserah anda...mau 100% hasil kerja anda atau 100% anugerah Tuhan ya tidak apa-apa. Tidak ada yang melarang dan tidak ada yang memenjara anda karena ngomong, "Aku sugih karena kekuatan dan kemampuanku sendiri."

Berkat Tuhan saya kayaBagi saya, kekayaan adalah berkat Tuhan. Apapun yang saya kerjakan, pasti akan saya kerjakan sebaik-baiknya. Hasil berikutnya harus lebih baik dari hasil sebelumnya. Jika orang mengatakan kerja saya baik, maka berikutnya saya akan membuat orang itu berkata bahwa hasil saya luar biasa. Saya akan terus memperbaiki produk saya, melampaui harapan pembeli saya. Saya akan meningkatkan kemampuan saya dan menyerahkan sisanya kepada Tuhan. Saya tidak bisa bekerja sendiri, saya butuh partner yang bisa mengisi kekurangan saya.  Dan saya rasa, seorang "Tuhan" adalah yang saya butuhkan.

 

KESIMPULAN
Kemampuan manusia ada batasnya, kemampuan Tuhan tak. terbatas. Memasukan nama Tuhan dalam struktur organisasi kita adalah tindakan bijaksana. Saya akan menjadikan"Tuhan" sebagai bos saya karena keterbatasan saya. Biar nek ada masalah tinggal lapor saja, "Bos....ada masalah nih....wes tak laporno lo yaaa....wes tak serahno lo yaaa, aku gak iso ngatasi ! Anda kan atasan saya yang bertanggungjawab atas perusahaan ini, tugas saya cuman mengerjakan yang anda suruh, melaporkan perkembangannya dan menyerahkan masalah yang gak mampu tak atasi."

Ketika kita mendirikan usaha berdasarkan keunikan kita, maka kita memiliki tanggungjawab untuk memenuhi takdir hidup kita. Ada orang yang akan anda layani  dari produk anda, anda hanya perlu percaya ! Kembangkan terus produk itu, jangan berpikir yang negatif.  Pikirkan bagaimana memberikan nilai tambah produk anda kepada pembeli. Dan bersyukurlah setiap hari atas kemajuan yang anda capai. Pokok'e....rejeki itu datangnya dari Tuhan ! Sukses untuk anda !

Agama dan Logika
Kedua-duanya bagai minyak dan air, tidak bisa bersatu. Mana yang anda percayai ?

Mau super kaya ? Anda butuh kerjasama Tim
Pelajari 17 prinsip membangun timwork dan lakukan mulai sekarang.

Share this content

ARTIKEL TERBARU

BISNIS ONLINE

SERI WIRASWASTA

ARTIKEL LEPAS