Website Wapannuri

DOA, MENGUBAH SEGALA SESUATU

Doa adalah satu-satunya cara yang kita abaikan ketika menghadapi permasalahan yang tak terselesaikan. Jalan yang kita hindari ketika menemui kebuntuan dan hal kedua yang paling tidak kita percayai setelah Tuhan. Bagaimana mungkin dengan berdoa saja masalah bisa terselesaikan ? Uang sekolah bisa dilunasi dan dapur bisa ngebul ? Well, saya juga tidak percaya bahwa doa bisa mengubah segala sesuatu. Tetapi saya tahu bahwa doa memberikan kekuatan kepada saya untuk menanggung segala sesuatu.

Kuasa Doa yang mengubah segala sesuatu

 

APAKAH DOA ITU ?

Doa ya doa....wakakakakakak....jawaban orang males ! Saya tau pak...doa itu masuk ke kamar, berlutut, komat-kamit dan keluar 10 menit kemudian. Kalo lebih dari 10 menit berarti saya ketiduran pak ! Doa itu ya pak... adalah berbicara kepada Tuhan. Ada yang ngomongnya pake bahasa manusia, ada juga yang pake bahasa roh, kira-kira bunyinya, "sandal lama sandal lama, prikiti preketi semeleket....busss bluss blebus...gitu pak"

Ada juga yang berdoa sambil berpuisi, ada yang berdoa pake acara ngiler dari empat lubang. Banyak juga yang disebutin mulai dari emaknya, engkongnya, tetangganya, kucingnya, anjingnya, tantenya, omnya,  RTnya, RWnya... sampe kita-kita yang mendengarnya jadi ngantuk pak ! Malahan, saya pak... pernah liat orang yang berdoa sampe goyang semua, menganggu sekali pak....disenggol-senggol gitu.  Pokok'e carane orang berdoa itu aneh-aneh. Mestinya dibuat standarisasi dalam berdoa pak !

Doa berarti berbicara dengan tuhanDoa adalah komunikasi, istilah untuk membedakan kepada siapa kita berkomunikasi. Ketika kita melihat teman kita komat-kamit dengan seseorang, kita mengistilahkannya dengan kata "berbicara." Ketika kita melihatnya ngecepret dangan kotak kecil di telinganya, istilah  kita "teleponan." Ketika kita melihat teman kita menekan- nekan kotak kecil sambil cengar-cengir, itu namanya "bbm-an." 

Nah, ketika seseorang berbicara sendiri, bisa berarti "kegilaan" atau "berdoa."

Nek dia gak pake baju = gila.
Nek pake baju = berdoa

Jadi, doa adalah berkomunikasi dengan Tuhan. Pernahkah anda membayangkan menjadi Tuhan ? Yang tahu segala sesuatunya ? Yang menyelidiki jauh ke dalam hati ? Yang tahu ucapan di mulut, pikiran di otak dan keinginan di hati ? Jika belum pernah membayangkan,  bayangkanlah sekarang...anda menjadi Tuhan yang sedang mendengarkan doa seseorang., doa teman anda yang bermuka dua. Di bibir dia mengucapkan berkat untuk anda, tetapi hatinya mengutuki diri anda. Pikirannya memikirkan cara menyingkirkan anda sementara perkataan manis keluar dari bibirnya yang tipis.

"Alaaa....gombal, asline kon njaluk koncomu di PHK toh. Gak usah pura-pura ngomong sing apik-apik. Aku iki Tuhan Rek ! Aku ngerti apa yang ada dipikiranmu, keinginan hatimu dan kebenaran ucapanmu. Kamu bisa membohongi teman-teman manusia dengan bibir manismu, tetapi tidak bisa menutupinya dari pandanganKu. Aku, Tuhan, gak iso mbok bujuki !" demikian kata anda yang membayangkan diri menjadi Tuhan....^-^'

Saya yakin anda pasti gak betah jadi Tuhan ! Karena mendengar doa seorang Aburizal Bakrie, Gayus Tambunan, Nazarudin, Angelina Sondakh, SBY, Anas Urbaningrum, Robert Tanular dan teman-temannya.  Itu baru mendengar doa mereka, belum mengabulkan permohonan doa mereka. Ada yang minta masalah korupsinya di peti-es-kan, ditanggungkan ke orang lain atau dilupakan seiring dengan berjalannya waktu. 

Cara Berdoa yang benarDi sisi lainnya, anda pun juga bersedih karena jarang mendengar permohonan doa orang - orang benar. Mengapa kok gak tau minta ambek Aku sih ? Kamu memang tahu kalo Tuhan itu maha tahu, maha kuasa, maha mampu dan maha - maha lainnya. Tapi kok gak tau minta sesuatu sih ? Kenapa kok gak minta ? Sing jahat nek minta sesuatu aja maksa kok, sampe Aku mblenger.... kenapa kamu yang benar di hadapan Tuhan tidak pernah meminta ? Pasti tak kabulkan... kan elo jelas minta sesuatu yang baik, sesuai kebutuhan dan bukan untuk kegoisanmu. Minta'o tah.....garek njaluk opo sih angel'e ?  Sekalipun elo gak minta pun sudah pasti tak kasih, apalagi kalo elo minta.....njaluko rek !"

 

KISAH ANAK YANG HILANG
Mengapa kokone ngamuk ambek bapak'e: " Bes...Ebes itu kebacut soro. Selama ini aku ngewangi ebes mbesarkan perusahaan ebes, bangun lebih pagi dari ebes, pulang paling terakhir. Menguntungkan perusahaan ebes.... gak tau mabok-mabokan,  gak tau wedokan, gak tau nyabu. Hidupku itu ngenah ! Tiap minggu ke gereja, jadi song leader, kadang diundang kotbah....jalanku itu lurus. Gak tau neko-neko..... SATUKALIPUN ebes gak tau kamsia-kamsia ambek awakku. Gak tau ngasih hadiah, gak tau ngajak mangan enak.

Taaaapi..... si bangsat cilik iku....ngentekno duitmu (gak pake ebes-ebesan maneh).... wedokan tok.... njaluk waarisn....bukane itu ndongakno koen (=ebes) iku ndang matek ! Arek kurang ajar ngono dibelani....isone opo ? foya-foya tok, gak iso kerjo, manja... kebacot puooool !

Koen iku kebacot 'bes....arek koyok ngono mbok pestano, pake welcome cereemony barang, ngundang ayu ting-ting, smsh dan tumpengan.....kebuacooot soro....nyesel aku nduwe ebes koyok koen iku ! " (kok pinter ya aku nek disuruh ngamuk-ngamuk....'^-^')

Kisah anak yang hilangJawab si Babe, "Ko....Koko...kamu ini anak yang antik. Kapan Babe pernah ngelarang koko ambil duit Babe untuk bersenang-senang ? Kapan babe pernah marah  karena Koko makan pizza dan steak di Boncafe ?  Kapan babe nggak ngebolehin Koko istirahat dari perusahaan Babe ? Kapan Babe ngelarang Koko ngelencer ke luar negri ? Hartane Babe adalah hartane Koko juga. Miliknya Babe juga miliknya Koko juga. Segala milik Babe....ADALAH KEPUNYAAN KOKO juga. Wes ojok nesu maneh. Ayo sekarang masuk ke dalam. Makan sing enak, bobok sing nyenyak. Adikmu loh wes sadar sekarang ! Bimbingen dia ke jalan sing benar. Adikmu ambek koko itu anak Babe semua. Sing akur ya....wes gak usah dipikir lagi."

Jadi....sapa sing sebenarnya lontong ? Kokone atau Titine ? Anda atau saya ? Mana ada Ebes yang baik'e kayak gitu ? Laah.... menurut anda sendiri....sebatas mana kebaikan dan kesabaran Tuhan ? KebaikanNya tidak masuk akal dan kesabaranNya juga tidak masuk akal ? Jika Tuhan tidak lebih baik dari si Babe, maukah anda mempercayaiNya? Jika Tuhan masuk akal, berarti itu bukan Tuhan ! Karena masuk di akal anda yang sak ipet (kecil).

 

CARA BERDOA YANG BENAR

Oke deh Pak Wapan, sekarang ajari saya cara berdoa yang benar. Jurus ampuh supaya doa kita dijawab ! Gampang, berdoalah sesederhana mungkin karena Tuhan sudah mengetahui sebelum mulutmu mengucapannya.Berdoalah sesingkat mungkin karena Tuhan bukan tipe yang bertele-tele. Berdoalah dengan hatimu karena bukan yang terucap dari mulut yang dilihat oleh Tuhan yang menyelidiki. Berdoalah dan percayalah bahwa kamu sudah menerimanya.

Berdoalah dengan caramu sendiri karena Tuhan menciptakan anda unik. Jadilah dirimu sendiri di hadapan penciptaMu, berdoalah seperti gini :

Babe gue nyang ade di surge,
Dikudusin deh name Babe ye,
Dateng deh kerajaan Babe,
Jadi deh, kehendak Babe,
Di bumi atawa di Surge.

Bagiin bocah-bocahmu ini Be,
makanan nyang secukupnye,
Ampunin aye dari segale saleh kate
Atawa ape kek nyang kagak berkenan di ati Babe,
Same seperti aye juge ngampunin
Sesame aye,

Terus jauhin aye daripade nyang jahat,
lantaran Babe kan nyang empunye
kerajaan dan kuase
Ampe selame-lamenye.
Udeh dulu ye Be.
Amin.

 

KESIMPULAN
Om Benny,  yang ngurusi semua surat-surat saya pernah menasihati saya, "Kalau kamu mampu atau bisa beli mobil tapi masih saja naik motor. Kemudian mengalami kecelakaan sepeda motor. Itu namanya bodoh ! Salahmu Dewe ! Jangan menyalahkan Tuhan karena ketidakbijaksanaanmu. Jika kamu mampu makan3x sehari tapi maksa ngirit makan 2x sehari lalu sakit itulah orang yang tidak bersyukur atas hidupnya."

Ketahuilah teman-teman. Tuhan sudah berjanji memelihara hidup kita ! Percayalah dan taruhlah hidupmu kepadaNya. Dan mintalah....berdoalah....berharaplah....njaluk'o ambek Tuhan. Jangan iri dan mangkel jika orang jahat doanya dikabulkan karena kamu gak pernah minta sesuatu kepadaNya. Jika si Babe nuruti keinginan tak bertangungjawab si Adik maka sudah pasti Babe akan menuruti permohonan kita yang tidak berlebihan dan pasti bisa dipertanggungjawabkan ! Yuk mulai mencatat keinginan kita dan memintanya kepada Babe yang di Surge.....

Doa Terakhir Yesus
Jika anda besok akan mati, tentulah anda akan menyampaikan hal - hal yang penting

Share this content

ARTIKEL TERBARU

KEPRIBADIAN MANUSIA

ARTIKEL KARAKTER