Website Wapannuri

PATAH TULANG BAHU (SELANGKA)

Tidak ada yang menginginkan kecelakaan dalam hidupnya, tetapi yang namanya apes ya apes ! Datang tak diundang, pulang tak diantar. Terjadinya begitu tiba-tiba ! Naik motor pelan-pelan, belok ke kanan seperti biasa, pengalaman 15 tahun naik sepeda motor rek.  Tiba-tiba dunia tampak miring... gedubrak ! Patah deh tulang bahu saya ! Tulang bahu itu adalah tulang selangka, letaknya di atas dada,  satu-satunya tulang yang letaknya horizontal pada tubuh kita.

Foto rongen patah tulang selangka

 

PENYEBAB PATAH TULANG SELANGKA

Patah tulang selangka bisa dialami siapa saja, tidak selalu disebabkan oleh. kecelakaan kendaraan bermotor. Olahraga yang melompat-lompat seperti basket pun bisa menyebabkan patah tulang bahu. Saudara saya bilang kalo tulang selangka ini metel alias gampang cuklek.

Setelah  saya browsing kesana-kemari, ternyata penyebab patah tulang itu adalah posisi jatuh yang salah.  Hahahahaha.... mana ada cara jatuh yang anggun rek ! Saya jatuhnya miring, mulai dari bahu - lengan kanan - pinggul baru terakhir kaki. Jadi berat badan saya ditopang oleh tulang selangka, makanya bisa patah. Jika anda juga jatuhnya miring, dimulai dari bahu anda, maka 80%  kemungkinannya tulang selangka anda patah.

Kecepatan motor saya hanya 20km/jam loh. Waktu itu saya sedang mengantar pesanan siomay buatan istri saya di belakang PTC Supermall. Saya belok kanan terus seilp karena pasir. Yah, penyebab lainnya adalah sepeda motor saya juga sih. Waktu itu saya naik sepeda motor sport, Minerva 150cc. Ban-nya pake ban racing alias kembangannya sedikit, jadi mudah selip karena gak mengigit aspal. Tapi selama ini, setahun ini belok kanan atau belok kiri naik Minerva juga tidak pernah jatuh kok. Yah, pada akhirnya saya harus menngakui bahwa kecelakaan yang saya alami ini adalah "wayah'e apes."

Kalo kadung apes, ya wes gitu ! Sekalipun kita sudah hati-hati tapi ditabrak orang lain. Sekalipun kita jalan di trotoar kalo pas apes bisa diseruduk mobil dari belakang ! Itulah yang dinamakan sebagai kecelakaan. Terjadinya tiba-tiba, semuanya tampak normal dan alami.... lalu....peristiwa itu terjadi !

Ranjang sebelah saya di Rumah Sakit Siloam dihuni oleh bapak-bapak yang juga baru saja operasi tulang selangka. Ha...ha...ha....penyebabnya juga kecelakaan... juga naik motor.... bedanya dia dipotong pengendara lainnya sehingga terjatuh dari sepeda motornya. Nah salahne sapa ? Aku belok, selip terus cuklek, nek si bapak jalan santai, dipotong terus cuklek. Sama-sama kecelakaannya, sama-sama apesnya, sama-sama dikover asuransi, sama-sama rumah sakitnya, tapi ijek gantengan aku adoh ! ^-^'

 

GEJALA PATAH TULANG SELANGKA

Begitu terjatuh, saya tidak tahu kalo tulang selangka saya patah. Yang saya rasakan nyeri di bahu saya. Tangan kanan saya bisa saya angkat tapi sakitnya masak ampun. Rasa paling nyaman itu kalo saya rapatkan lengan ke tubuh saya. Begitu saya rentangkan langsun nyeri, begitu saya angkat juga nyeri. Tapi saya harus tetap naik motor saya untuk bisa pulang ke rumah. Jadi saya paksakan saja.

Tiba - tiba saya teringat dengan teman saya yang istrinya dokter. Langsung saja saya telepon dia tanya ciri-ciri tulang bahu yang patah. Dia bilang gejala patah tulang bahu adalah tidak bisa menggerakan lengan... lah... saya bisa menggerakan tangan saya, mengangkat lengan saya tapi nyerinya amit-amit. Dia menyarankan untuk foto rongen di UGD, toh tidak mahal. Usul yang masuk akal. Jadilah saya naik motor saya ke Prodia di jalan Diponegoro untuk foto rongen bahu saya.

Setibanya di Prodia, saya bilang ama petugasnya yang putih dan cantik serta berdada montok... Ya Tuhan....apakah saya berhalusinasi, malam-malam begini ada malaikat cakep di Prodia...

Gejalah patah tulang selangka kanan

"Saya abis jatuh mbak, terus mau foto bahu saya, mau tahu patah atau nggaknya." kata saya sambil cengar-cengir.... yak apa gak cengar-cengir,  wong sing jaga ayune masak ampun gitu. !

Mbaknya melongo....mungkin dipikirnya saya superman... balung cuklek kok ijek kuat naik motor sendiri... ha...ha...ha...

"Oh iya Pak... tapi dokter yg jaga tidak ada, jadi tidak bisa dianalisa..." kata mbak putih berdada besar.

"Tidak apa-apa mbak, pokoknya di foto terus diliat aja, apakah tulang saya putus atau tidak. Kalo gak putus berarti saya langsung pulang dan istirahat dulu baru cari tukang pijet. Berarti keseleo saya-nya. Kalo putus ya tak ke rumah sakit buat dii operasi. Gitu ae mbak. Bisa kan..." kata saya kesengsem.

"Bisa pak, totalnya 165rb." kata mbak putih yang ayu mempesona. Aaah....nyerine berkurang....ha...ha..ha...

Prodia Diponegoro, mbaknya ayu soroTerus saya di bawa ke ruang foto, buka baju. Mau buka celana gak boleh. Katanya si mas, gak usah buka celana pak, cukup baju aja, yang mau difoto kan bahunya, bukan anunya.... Oh iya..ia... betul juga ya ! ^-^'

Cepret.... wes mari fotone, gak sampe 2 menit. Dan dalam waktu 2 menit langsung ilanng duit 165rb....carinya susah masak ampun, habisnya cepetnya gak karuan.

"Ditunggu ya pak hasil fotonya...." kata mas tukang foto.

Saya keluar dari studio Prodia, ambil minum Aqua gelas dan duduk di depan malaikat berdada besar... nikmatnya...eh sakitnya...

Si Mas keluar dari Studio foto dan menghampiri saya sambil bawa hasil fotonya... "Pak, telepon sodaranya ya, minta dijemput karena tulang bahu anda patah..."

Walah !  Rumah sakit ! Operasi...amsiong dah ! Tiba - tiba dada si mbak Prodia mengempes...eh....pancet sih...saya-nya yang kempes karena membayangkan uang yang bakalan saya keluarkan untuk membiayai operasinya. Lemes wes....bagian atas sekaligus bagian bawah saya... kaki saya !

Wah...ternyata saya patah tulang selangka. Tapi kok gejala-gejalanya seperti orang keseleo ya ? Hmm....jadi, cara untuk mengetahui patah tulang atau tidak adalah dengan foto rongen. Saya pun juga sempat browsing di internet, ternyata ada orang yang juga patah tulang bahu tapi gak sadar kalo dia itu patah tulang. Dia baru tahu setelah foto rongen seperti saya, padahal kejadiannya udah dua minggu lalu. Tak pikir-pikir, edan bener dia....gak nyeri tah ? Bener-bener Superman !

 

PENGOBATAN PATAH TULANG SELANGKA

Patah tulang bisa disembuhkan melalui operasi atau om sangkal putung (alternatif). Tapi sebenarnya yang menyambung tulang yang putus adalah tubuh kita sendiri. Peran dokter atau om tulang hanyalah membetulkan posisi tulang supaya bisa tersambung sempurna.

Bila tulang patah, sebuah proses besar-besaran segera berlangsung. Sel-sel perbaikan yang penuh semangat berdatangan dalam jumlah besar. Dalam 2 minggu lapisan seperti tulang rawan yang disebut kalus menyelubungi daerah itu, sel-sel "pembawa semen" memasuki massa mirip agar-agar itu. Sel-sel ini adalah osteoblas, pengisi celah pada tulang. Perlahan-lahan mereka menguraikan kalus dan menggantikannya dengan tulang baru. Dalam 2-3. bulan, tempat fraktur ditandai dengan massa tulang baru yang menggembung di kedua sisi ujung patahan seperti selang kebun yang disambungkan. Belakangan, kelebihan materi diangkut sehingga hasil akhirnya hampir serupa dengan tulang asli.

Milyaran Osteoblas bekerja dalam tubuh kita, mereka menggantikan tulang yang sudah terlalu tua. Ketika kita kanak-kanan, 100% dari tulang kita diganti setiap tahun. Jadi tulang selangka yang saya miliki ketika berumur empat tahun, tidak mengandung satu sisa pun dari tulang selangka saya ketika berumur tiga tahun. Berkat kebijakan DNA tulang, bentuknya tetap, hanya lebih besar.

Sekarang hanya sekitar 38%  dari tulang saya diganti setiap tahun. Namun tulang tua tidak dengan mudah menyerahkan daerah kekuasaan. Ia harus diledakkan dan disedot keluar,dan untuk tugas ini, tubuh memiliki osteoklas, tim penghancur. Osteoklas adalah sel-sel besar yang dipadati dengan 10-30 nuklei, seakan mereka memerlukan semua instruksi yang bisa mereka dapatkan untuk tugas mereka yang sensitif itu.

Jika saya mencoba merenovasi tembok bata dengan mencabut sebaris bata secara horizontal,  seluruh tembok akan runtuh. Sebaliknya, jika saya mencabut satu bata di siku kiri dan menggantinya kemudian mengganti satu bata di lutut saya, kemudian. satu lagi di  kepala saya, pada akhirnya saya bisa merekonstruksi seluruh tembok dengan aman. Begitu juga, osteoklas mengangkut sedikit tulang, satu sel setiap kali. Mereka membuat terowonngan di dalam tulang semudah tikus tanah di kebun, membuka lubang untuk diisi osteoblas. Osteoblas meremajakan kembali, mengantarkan pasokan baru serabut sehat.

Sel - sel osteoklas yang nekad menjalani hidup bunuh diri (kamikaze), mengebor menembus granit dengan semangat luar biasa sampai-sampai ia kehabisan tenaga setelah 48 jam, dan dirinya sendiri harus diangkut keluar sebagai produk sisa.

Osteoblas dan osteoklas berpacu seumur hidup manusia. Osteoblas cenderung mendominasi paruh pertama kehidupan, menyusun tulang baru dengan disain pertumbuhan yang teratur. Tetapi osteoklas yang meruntuhkan akhirnya lebih melampaui kecepatan osteoblas yang letih. Dan karenanya pada usia tua rongga gigi mengkerut, dagu menonjol, rahang bersudut.  Itulah sebabnya patah tulang menyebabkan trauma pada orang lansia, osteoblas mereka, yang sudah pas-pasan untuk melakukan reparasi rutin, menyembuhkan tulang dengan lambat.

 

VITAMIN UNTUK PATAH TULANG

Kalsium, kalsium dan makanan yang mengandung kalsium. Itulah yang terlintas di pikiran kita ketika mengalami patah tulang. Demikian pula pemikiran istri saya. Susu Anlene, yoghurt, ikan gabus atau ikan kutuk segera memenuhi meja makan kami.

Memang betul vitamin untuk mempercepat penyembuhan patah tulang adalah kalsium. Saya juga dikasih dokter Stephanus, dokter ortopedi yg menyambung tulang saya, Vitamin Calplex. Bentuknya tablet berwarna putih. Diminum 2 kali sehari, sesudah makan. Kandungan Calplex ini 500gr Kalsium, tepatnya Coral Calcium. Lah...apa bedanya Calsium dengan Coral Calcium dong ?

Vitamin Kalsium untuk mengobati patah tulang

Coral Calcium adalah kalsium yang diekstrak dari terumbu karang di laut.  Kelebihannya, coral calcium lebih mudah diserap oleh tubuh. Memang kalsium itu penting bagi tulang, tapi masalahnya si kalsium ini susah diserap. Jadi, sekalipun kandungan kalsiumnya tinggi tapi tidak mudah diserap tubuh, ya percuma saja. Nah, agar proses penyerapan kalsium lebih lancar, maka anda perlu menambahkan Vitamin D. Untungnya, si Calplex ini sudah ada tambahan Vitamin D sebanyak 200 UI.

Vitamin untuk membantu penyerapan kalsiumVitamin kedua yang diberikan oleh Pak Dokter Tulang yang ramah ini adalah Oscal. Bentuknya kapsul gel dan warnanya kuning - orange. Kandungan yang terdapat dalam Oscal ini adalah Calcitrol 0,25 ug. Fungsi utama vitamin D3 ini ada pada usus dan tulang. Calcitrol membantu meningkatkan penyerapan. kalsium di usus dan mengatur mineral pada tulang. Salah satunya adalah merangsang si osteoblas supaya lebih aktif. Saknone rek si Osteoblas ini....gak apa-apa ya...Dengan doping ini, kemampuan si serum dapat dinaikkan hingga 50%. Makane harga obat'e larang.... 250rb per botol....ck...ck...ck....

Nah, sayangnya anda akan kesulitan membeli kedua vitamin ini karena harus disertai dengan resep dokter. Tapi tidak apa-apa karena anda bisa membeli obat tradisional di toko obat cina. Saya suka dengan obat cina karena tidak disertai dengan efek samping. Minusnya, waktu penyembuhannya lama. Tapi gak apa-apa, biar lama asal sempurna ! Nama obatnya adalah obat buat patah tulang....gitu... ntik lak dikasih tau ambek suk suk yang jualan obat.

Obat cina untuk patah tulangKarena Calplex dan Oscal diminum 2 kali sehari, pagi dan malam. Maka obat Cina yang judulnya "The Musk Fracture, Bone Joining Capsule" saya minum siang hari saja. Nek ikuti resepnya, obat ini seharusnya diminum 3 kali sehari, tiap kali 3-5 kapsul. Tapi ya itu, saya mblenger minum obat atau vitamin terus. Masih 1 bulan lagi saya harus minum Calplex dan Oscal ini. Mblenger'e rek...!

Nah, Vitamin terakhir yang saya minum adalah minyak ikan. Memang tidak ada hubungannya dengan tulang, tetapi lebih ke otot.

Beginilah yang namanya patah tulang, harus mengurangi gerakan. Bahkan semua gerakan tubuh. Tau nggak apa mimpi buruk orang yang lagi patah tulang ? Yah, anda benar ! Buang air besar ! Apalagi buat saya yang kehilangan fungsi satu lengan, yak apa cara cebok abis pub-nya.... tangan satu bersiin pantat, satunya lagi pegang gayung air.... lah kalo cuman 1 tangan gimana ? Yah terpaksa siram dulu terus dibersihkan terus di siram lagi. Kalo mencret.... begitu ditarik tangannya...wik coklat-coklat nempel di tangan....iiiiihhhh....serem... njiniki puolll ! Coba deh anda bayankan seseorang yang patah kaki sekaligus patah tulang, gimana caranya pub....?

Minyak ikan untuk melemaskan ototNah, karena cara mempercepat penyembuhan patah tulang itu adalah mengurangi gerakan maka akhirnya otot kita kaku. Digerakkan sakit, gak gerak juga sakit. Anda perlu mengkonsumsi minyak ikan untuk melemaskan otot - otot anda. Saya diibelikan Scoot Emulsion oleh istri saya ! Seharusnya diminum 3x2 tablet, tapi saya hanya minum 1x2 tablet saja, waktu siang hari karena saya isa gila kalo seharian tidur di kamar ! Ha...ha...ha... wes tah lah...nurut ambek aku ae, ojok nurut dokter.... itulah ucapan om tetangga ranjang saya waktu di Rumah Sakit Siloam kepada suster yang menyuruhnya istirahat !

 

KESIMPULAN
Waktu yang diperlukan supaya tulang dapat tersambung kembali adalah 2 bulan. Paling cepat 1,5 bulan, semakin muda semakin cepat nyambung. Selama 2 bulan itulah anda tidak boleh melakukan pekerjaan yang membebani tulang anda. Semakin banyak waktu istirahat anda akan semakin cepat pula proses penyembuhannya....tapi ya itu... paling cepet 1,5 bulan ! Yah... Tuhan aku butuh mujijat, 2 minggu wes nyambung ! Amin

Minyak gosok untuk keseleoKhusus untuk kasus patah tulang selangka anda harus ekstra hati-hati karena banyak kejadian belum sampe nyambung wes putus lagi. Alasannya ya karena tidak ada rasa sakit sehingga kita lupa nek balung'e itu asline ijek cuklek. Paling banyak terjadi waktu tidur dan naik sepeda motor lagi. Saya gak sengaja mulet waktu bangun tidur....untung gak cuklek maneh.... ^-^'

---- > Minyak gosok maknyus untuk melenturkan otot kaku. Caranya: parut jahe dan campur minyak gosok ini. Terus oleskan ke bagian tubuh yang kaku dan biarkan sekuat anda. Semakin lama semakin baik.

Mengenal Asuransi Kesehatan dan Asuransi Jiwa
Kedua asuransi ini berbeda fungsi, jangan salah pilih asuransi loh ya...

Share this content

ARTIKEL TERBARU

SERI KEHAMILAN

OBAT TRADISIONAL

SERI OLAHRAGA

ARTIKEL LEPAS

 

  • Minyak Goreng Botol
  • Minyak goreng sehat Golco
  • Minyak goreng murah