Website Wapannuri

OBAT RADANG TENGGOROKAN ALAMI DAN TRADISIONAL

Akhir -akhir ini banyak orang sakit radang tenggorokan. Bukan sekali, tetapi berkali-kali. Habis sembuh, bulan depan sakit lagi. Lalu sembuh lagi, kumat lagi, sembuh - sakit - sehat - radang lagi. Sampe bosen beli obatnya. Yang tadinya gak kenal sama mbak apotik sekarang jadi temen baik. Wakakakakak.... "Beli obat buat radang tenggorokan lagi ya mas ?"

Obat radang tenggorokan bentuk permen

 

MENGENALI PENYEBAB RADANG TENGGOROKAN

Pada umumnya, ada tiga penyebab utama penyakit tenggorokan ini:

1. Virus  - 80%
2. Bakteri
3. Penyebab lainnya
 
Virus Influensa itu ibarat kopi dengan susu, pasangan serasi. Demikian pula dengan batuk dan pilek. Habis batuk muncullah. pilek, yang mana yang lebih dulu, pokok'e dua penyakit ini selalu datang tak diundang pulang tak diantar. Bisa saja kita terserang pilek dulu baru disertai batuk, atau sebaliknya sakit batuk dulu kemudian diakhiri dengan hidung meler. Namun sekarang mereka menjadi trio menjengkelkan.... Batuk - Pilek - Radang tenggorokan.

Seperti yang kita ketahui, virus influensa merajalela saat musim pancaroba. Ketika musim panas berubah menjadi musim hujan atau sebaliknya dari basah ke kering. 90% virus mati ketika terkena sinar matahari. Dan berhubung virus juga makhluk hidup yang ingin hidup 1000 tahun maka dia juga mengungsi ketika tempat tinggalnya diserang om matahari. Perubahan cuaca itu bertahap, area per area. Misalnya di Sidoarjo panas, tetapi Surabaya masih lembab maka virus - virus ini bedhol desa dari Sidoarjo ke Surabaya (atau Surabaya ke Sidoarjo). Akibatnya di kedua tempat tersebut banyak orang batuk dan pilek.

Dulu, perubahan cuaca berlangsung dua kali setahun. Patokannya kalo bulan mulai diakhiri dengan ber - ber - ber (Oktober atau November) maka itulah saatnya musim hujan yang akan berlangsung selama 6 bulan kedepan. Sekarang ? Emboh, apakah karena dunia sudah tua atau wayahe kiamat maka tolak ukurnya sudah berubah. Tidak ada yang bisa memperkirakan cuaca dengan benar. Menurut anda sendiri, saat ini  masuk musim hujan atau musim panas ? Hari ini hujan besok panas, minggu ini hujan, minggu depan panas, sekaran ini hujan, beberapa jam kemudian panas....

Artinya, tubuh kita sedang bertanya - tanya dan bekerja keras untuk menyesuaikan diri. Proses metabolisme yang biasanya berlangsung dua kali setahun sekarang berjalan setiap hari. Artinya kalo dulu kita terserang influensa setahun sekali (atau dua kali), saat ini sakit batuk dan pilek menyerang berkali-kali tergantung seberapa sering perubahan cuacanya. Sekuat-kuatnya daya tahan tubuh seseorang jika dihajar berkali-kali pasti akhirnya tepar juga.Apalagi bagi mereka yang sistem kekebalan tubuhnya lemah. Selain batuk dan pilek, ditambah lagi dengan radang tenggorokan.

Radang Tenggorokan dan Radang Amandel

Sangat jarang sekali sakit tenggorokan yang disebabkan oleh bakteri. Mungkin karena populasi bakteri ini sudah punah karena antibiotika atau bisa juga karena sabun mandi yang kita gunakan merknya Lifeboy ^-^'. Sakit apa mas ? Batuk....minum amoxilin aja mas. Sakit apa mak ? Pilek....sudah beli amoxilin ? Pokok'e panas dingin, radang tenggorokan, susah menelan, amandel bengkak, gusi berdarah.... minum antibiotika merknya amoxilin. Beli di apotik mbak, murah cuman 15 ribu satu plex. Naaah.... gimana gak abis yang namanya bakteri - bakteri ini ?

Selain itu, satu-satunya cara untuk mengetahui penyebab radang tenggorokan oleh bakteri ini adalah dengan melakukan tes laboratorium. Leeeeh....nek sakit kita ini ke dokter ato ke lab sih ? Kalo bisa minum obat murah - murah dulu, ntar nek gak sembuh - sembuh baru ke dokter.Mbok pikir dokter itu murah tah rek ? Mosok hidung meler ambek batuk-batuk ae ke dokter. Gak tau liat tipi tah ? Kan ada OBH combi untuk batuk kering dan OBH combi plus untuk batuk berdahak. Kan ada Paramex, Panadol, Paracetamol untuk pilek. Hargane gak sampe dua ribu. Sekali ke dokter, dipegang - pegang sedilut bayar 50 ribu. Belum obatnya.

Nah, sekarang ini, yang namanya Wapannuri ini menyarankan periksa ke laboratorium untuk mengetahui penyebab radang tenggorokan. Duit'e mbahmu tak pak ? Susah menelan aja harus periksa ke lab...gak worthed pak ! Nek iso gratisan, makanya sekarang saya browsing Internet untuk mencari obat alami radang tenggorokan saya yang murah, mujarab, dan alami. Biasanya yang tradisional - tradisional itu manjur dan tanpa efek samping. Yang lebih penting bisa minta ke orang lain, gratis !

Virus dan Bakteri adalah dua penyebab utama sakit tenggorokan yang membuat kita susah menelan, tidak doyan makan, dan kadang - kadang bikin badan panas dingin atawa demam.Penyebab lainnya ya lain - lain misalnya:

Kurang minum air putih. Kalo konsumsi air anda kurang dari 8 gelas atau 2 liter sehari, jangan salahkan kalo tenggorokan menjadi kering dan akhirnya sulit menelan. 80% tubuh kita terdiri dari cairan, dan fungsi utamanya adalah media pembawa zat-zat yang berguna maupun tak berguna bagi tubuh kita. Vitamin dan gizi untuk organ tubuh yang membutuhkan, dan racun serta ampas untuk dibuang melalui piss of curr atau be'ol.
Lebih baik banyak minum air putih daripada kekurangan air putih, ingat itu !

Merokok....wes gak usah dijelaskan ! Sudah tau merokok tidak baik buat tubuh, masih saja bertanya-tanya penyebab sakit tenggorokan. Ngomong lainnya aja mas!

Radang tenggorokan bisa disebabkan oleh alergi. Yang namanya alergi itu macam-macam. Nek alergi debu yo pasti sakit, gak tau sakit apa atau alergi apa. Alergi itu penyakit langkah yang dimiliki oleh tiap - tiap orang. Semenjak kejatuhan manusia ke dalam dosa, tubuh kita menjadi tidak sempurna. Karena itu setiap kita pasti alergi terhadap suatu zat. Sakit alergi yang dimiliki setiap orang adalalah alergi tanggal tua, saat duit di kantong menipis pada tanggal 20an, penyakit kepala pusing mikirin utangan, emosi meninggi, dan gatal-gatal pingin mengesek kartu kredit ini kambuh. Untungnya alergi tanggal tua ini sembuh secara ajaib pada tanggal 30an ! ^-^'

 

OBAT TRADISIONAL RADANG TENGGOROKAN

Mengobati suatu penyakit seharusnya dilakukan setelah mengetahui penyebabnya. Jika radang tenggorokan yang kita alami disebabkan oleh bakteri maka obat yang tepat adalah antibiotik semacam amoxilin atau penisilin. Jika sakit tenggorokan disebabkan oleh virus maka obat alami yang mujarab adalah beristirahat. Virus yang masuk ke tubuh akan secara otomatis diserang oleh sistem kekebalan tubuh kita. Hanya saja membutuhkan waktu, rata-rata 5-7 hari untuk membuat antibodinya. Namun kita sering tidak sabar (tidak betah) dengan penyakit ini. Pingin cepat sembuh, entah itu disuntik atau minum obat resep dokter.

Obat tradisional Radang tenggorokanJika penyebab sakit tenggorokan kita alergi maka obatnya adalah jangan mengkonsumsi makanan itu. Alergi tidak bisa disembuhkan tetapi bisa di minimalkan periode kumatnya. Caranya dengan menjaga sistem kekebalan tubuh kita. Semakin kuat daya tahan tubuh kita, semakin jarang pula alergi ini muncul. Sering mengkonsumsi buah yang kuning dapat menjaga daya tahan tubuh kita seperti pisang, mangga, dan jeruk. Pokoknya makan yang banyak vitamin C. Cara mama saya mengobati alergi tergolong nekad.

Dulu saya alergi dengan makanan laut seperti udang, kepiting, kerang, atau lobster.Kalo saya makan makanan yang dikemudian hari ini terasa nikmatnya, bibir saya akan bengkak. Persis kayak ikan koki, gede dan merah. Lidah jadi mati rasa, untungnya kulit saya gak bentol-bentol. Hanya bibir saja yang ndombleh. Begitu mengetahui saya alergi kepiting, maka tiap satu minggu sekali saya disuruh makan kepiting. Karena masih anak-anak yang lemah, maka saya harus nurut. Kalo tidak, kemucing yang akan berbicara. Pokok'e saya harus makan jenis-jenis makanan yang menimbulkan alergi saya ini. Gak perlu banyak, dikit juga gak apa-apa.

Pada awalnya alergi saya kumat. Habis makan, bengkak. Minggu depan makan, juga bengkak. Aaaaaa....betapa menderitanya ! Wes mati rasa, dijadikan olok-olok teman, juga lucu kalo ngaca di cermin...wuahahahahahaha. Ajaibnya, lama-kelamaan alergi ini hilang dengan sendirinya. Makan kepiting gak bengkak, makan udang juga gak bengkak, makan kerang sampe lupa kalo pernah punya alergi. Sekarang tiap kali makan seafood bibir saya sudah tidak bengkak lagi. Bengkaknya beralih ke perut saya....hi...hi...hi. Ini cara mama saya menyembuhkan alergi. Kalo mau nyoba juga tidak apa-apa. Dibilang tidak ilmiah juga tidak apa-apa. Namanya aja cara tradisional. Tapi manjur juga yaa.

Bagaimana jika saya tidak mau ke dokter dan juga tidak mau periksa ke laboratorium. Apa obat yang tepat untuk radang tenggorokan saya pak ? Carikan obat yang alami, obat tradisional yang murah dan manjur pak ! Kalo bisa ada di dapur saya ? Di pasar atau bisa minta ke tetangga sebelah !

ADA ! Namanya garam. Larutkan setengah sendok garam ke satu gelas air (200cc). Aduk merata dan kumur 3 kali sehari. Diminum juga boleh. Lakukan rutin selama 3 hari, saya jamin radang tenggorokan anda berkurang drastis. KEDUA, namanya jahe. Cukup bersihkan dan kupas jahe ini dan simpan di dalam kulkas. Potong kecil - kecil supaya mudah dimakan, dibawa-bawa dan dikasih ke teman-teman. Kunyah saja jahe ini sampai hancur. Mau dibuang atau ditelan juga tidak apa-apa. Konsumsi saja 3 kali sehari. Saya jamin dalam waktu 2 hari anda bisa menelan kembali.

Obat cina untuk radang tenggorokan yang saya pakai namanya (lihat foto aja deh...). Harganya 15.000 isi 24 kapsul. Sehari 3 kali, sekali minum 2 kapsul. Obat tradisional ini manjur untuk mengobati sulit menelan yang diakibatkan radang tenggorokan. Belum sampai habis obatnya saya sudah bisa makan gorengan lagi. Saya suka dengan obat cina karena mengobati hingga tuntas. Artinya tidak kambuh setelah habis obatnya. Hanya saja obat cina ini lama sembuhnya gak seperti obat barat yang instan. Selain itu, jarang sekali ada efek samping obat tradisional dibandingkan dengan obat barat.

Sebagai pendamping obat ini, saya juga beli Si Kua Shua (Watermelon). Ada dua macam watermelon yang selalu ada di kotak obat rumah saya. Yang pertama Permen Watermelon, bentuknya tablet dan memang permen. Rasanya manis - manis dingin. Kalo tenggorokan kering pertanda mau susah menelan langsung saya makan dan emut permen ini. Harganya 8.000 per 12 biji.

Watermelon bubukYang kedua adalah Watermelon bubuk yang cara penggunaannya disemprotkan ke dalam rongga mulut kita. Supaya manjur, setelah menyemprotkan obat ini jangan minum air selama 1 jam. Rasanya manis dan dingin. Yang takut pahit jangan kuatir...saya gak bohong kok. Rasanya memang manis dan dingin. Sehabis menyemprotkan si kua sua ini efeknya langsung terasa. Tenggorokan terasa lega dan plong. Tapi beberapa jam kemudian muncul lagi rasa kering di tenggorokan anda, jangan kuatir...buka tutupnya dan semprotkan lagi. Paling lama dua hari anda bisa menelan kembali. Obat ini harganya juga gak sampe 15.000 perbotol. Saya kurang cocok dengan si kua sua bubuk semprot ini, lebih cocok pake permennya.
Istri saya yang maniak dengan obat cina ini. Sakit dikit....semprot...habis makan semprot lagi....malam sebelum bobok, semprot lagi hingga tetes terakhir. Kalo di rumah gak ada obat ini, bojone sing di semprot !

Oh iya, ngomong - ngomong tentang istri saya. Obat alami untuk mengatasi sakit tenggorokannya adalah air kacang hijau. Masak kacang hijau dengan air yang ukurannya suka-suka dia lalu minum hangat - hangat. Eh...berkhasiat juga air kacang hijau untuk mengobati sakit tenggorokan dan susah menelan ini. Mama saya dan saya juga cocok dengan obat tradisional dan alami ini. Bedanya kalo mama saya, kacang hijaunya dimasak lalu diminum airnya, dimasak lagi lalu diminum airnya, dimasak lagi sampe jadi bubuk kacang hijau lalu dibagi-bagikan ke tetangga - tetangganya. Jadi anda bisa tahu kalo mama saya bagi - bagi bubur kacang hijau berarti dia lagi sakit tenggorokan !

 

KESIMPULAN
Radang tenggorokan bukan penyakit yang susah disembuhkan. Sebaliknya di sekitar kita banyak sekali obat alami dan obat tradisional untuk mengatasi sakit tenggorokan yang kita alami ini. Patokan saya, jika dalam waktu satu minggu setelah mengkonsumsi obat - obatan tradisional ini masih juga belum sembuh maka saya akan pergi ke dokter.

Yanng perlu anda perhatikan sebelum beli obat di apotik adalah mengetahui penyebab radang tenggorokan anda. Jangan asal beli antibiotik. Untung saya hampir-hampir tidak pernah mengkonsumsi amoxsilin ini sehingga dosis kecil saja sudah manjur untuk mengobati sakit akibat bakteri streptococus ini. Lain dengan sodara saya yang sudah 2 tablet amoxilin sekali minum. Soalnya kebiasaan lama begitu tidak flu dan batuk langsung telan antibiotik ini.

Obat terbaik radang tenggorokan, pilek dan batuk adalah istirahat di rumah. Kemulan, gulingan dan ngorok....grook....groook....groook. Parasetamol semacam paramex dan panadol fungsi utamanya mengurangi nyeri, demam, dan panas dingin akibat proses metabolisme tubuh kita untuk membikin antibodi melawan virus yang menyerang sistem kekebalan tubuh kita. Bantulah sel darah putih anda dengan istirahat yang cukup. Semakin banyak waktu yang anda pergunakan untuk beristirahat semakin cepat pula anda sembuh.

Terakhir, ketika anda merasakan gejala radang tenggorokan seperti tenggorokan kering, susah menelan, rasanya ada yang mengganjal di tenggorokan anda, segera perbanyak minum air putih.Cegah sebelum sakit karena itulah cara terbaik untuk melawan penyakit yang muncul akibat perubahan cuaca yang ekstrem. Sebelum mengkonsumsi obat resep dokter ada baiknya anda mencoba obat alami terlebih dulu dilanjutkan dengan obat tradisional. Jika radang tenggorokan anda masih kunjung belum membaik, periksakan ke dokter ! Semoga cepat sembuh !

Share this content

ARTIKEL TERBARU

SERI KEHAMILAN

OBAT TRADISIONAL

SERI OLAHRAGA

ARTIKEL LEPAS

 

  • Minyak Goreng Botol
  • Minyak goreng sehat Golco
  • Minyak goreng murah