Website Wapannuri

MANFAAT BERSEPEDA BAGI KESEHATAN

Semua yang namanya olahraga pasti baik bagi kesehatan tubuh. Hanya saja tiap-tiap jenis olahraga memiliki manfaat terbesar yang berbeda. Bersepeda secara rutin akan menyehatkan lutut kita. Cara paling gampang untuk mengujinya adalah dengan berjongkok - berdiri - berjongkok - dan berdiri lagi. Jika anda merasakan sedikit nyeri di dengkul, berarti ini waktunya gowes ! Gak perlu beli sepeda yang mahal, cukup merek Polygon atau Wim Cycle. Sepeda fixie standar juga boleh atau kalo rumahnya sempit beli aja sepeda lipat. Yang penting adalah olahraganya bukan mahal tidaknya sepeda yang anda beli.

Bersepeda itu Sehat

HITUNG SENDIRI jumlah kalori yang dibakar dari BERSEPEDA
Kecepatan
Berat Badan
Waktu

 

BERSEPEDA RUTIN BARU BERMANFAAT

Setelah kena gejala liver saya mulai berpikir dua kali tentang pola hidup saya selama ini. Saya memang tidak minum minuman keras, mengkonsumsi narkoba, atau anggota tetap klub malam. Saya orang normal dengan kehidupan yang normal pula. Pagi bekerja,  malam di rumah, hanya saja tuntutan dan kebutuhan rumah tangga yang tidak ada habisnya memaksa saya untuk bekerja lebih keras. Selain kerja ikut orang, saya juga cari ceperan dengan menjual apa yang bisa dijual. Dan saya yakin hampir semua orang, termasuk anda juga seperti saya. Siang jadi malam, malam jadi siang, susah sekarang gak apa-apa, yang penting hari esok pasti lebih cerah.

Selama masih mampu bekerja, ya saya akan bekerja. Selama masih ada keringat yang bisa diperas, pasti akan saya peras sampe titik darah penghabisan. Akibatnya jelas, jam tidur berkurang, jam kerja bertambah, rambut menipis, dan bangunnya tambah lama tambah siang. Hingga suatu saat saya merasakan nyeri di punggung saya. Noleh aja tidak bisa, boyok rasane kaku, mo be-ol ae harus posisi tegak, ambil gayung air aja tidak mampu.

Manfaat bersepedaAwalnya saya pikir salah urat atau keseleo. Tak pijetkan, abis tak pijet enakan, tapi beberapa jam kemudian kumat lagi. Hmmm.... berarti bukan terkilir. Kemudian saya pergi ke ai tusuk jarum di jalan pasar kembang; Surabaya. Dilihat sebentar, katanya saya kecapaian, belum sampe ke lever tapi mengarah ke sana. Disuruh banyak istirahat di rumah, terus ditusuk jarum. Aaaaaahhhhh.... enaknya ! Tiba - tiba saya teringat dengan obat Pien Tze Huang, obat raja yang dahsyatnya luar biasa untuk mengobati penyakit dalam.

Langsung aja tak beli, harganya waktu itu 350rb untuk dua hari. Mahal gak apa-apa asalkan gak sampe lever. Soale nek wes lever'e kena, bisa amsiong kite-kite ini. Cape sedikit kumat, makan kolesterol titik kumat, kurang istirahat kumat, dipaksa kerja komplikasi. Pokok'e, penyakit lever adalah vonis hukuman mati bagi orang yang suka bekerja. Saya istirahat di rumah sebulan penuh. Mulai bangun lebih pagi, tidur lebih awal, dan makan secara teratur disertai dengan minum obat raja tadi, seminggu beli satu buah.

Beristirahat di rumah ternyata mulai menyadarkan, membuka pemikiran saya, dan mulai mengerti bahwa ada yang salah dari cara hidup saya selama ini. Lebih baik bekerja subuh daripada bekerja larut malam, lebih baik berolahraga rutin daripada berolaraga sekali tapi all out, makan sedikit tapi teratur jauh lebih menyehatkan daripada sekali makan langsung banyak, dan seberapa banyak uang yang kita peroleh waktu sehat tidak ada artinya ketika kita sakit. Inilah salah satu alasan saya mulai bersepeda ria dengan sepeda wimcycle pemberian cece saya dua tahun lalu yang tergeletak di gudang begitu saja.

 

MANFAAT BERSEPEDA BAGI KESEHATAN

Pertama dan terutama, sepedaan alias gowes melatih bantalan lutut kita, terutama bagi wanita. Penelitian menunjukkan masalah lutut lebih sering dialami wanita daripada pria dengan perbandingan 4:1. Artinya dari satu orang pria yang nyeri lutut terdapat 4 wanita dengan keluhan yang sama. Penyakit ini sering disebut dengan dengkul kopong, keropos atau bahasa kerennya Osteoarthitis. Bentuknya pengapuran pada sendi lutut. Gejalanya rasa tidak kuat untuk berjalan, cepat lelah, tidak bisa jongkok serta gampang jatuh. Yang parah untuk berjalan saja sakitnya bukan main. Kretek…kretek…kretek gitu bunyinya.

Nyeri persendian lutut

Menginjak usia 40an, masalah lutut ini akan mulai muncul. Saat inilah kita baru mengetahui manfaat olahraga bersepeda. Mereka yang rutin gowes relatif tidak mengalami gangguan lutut, apalagi jika ditambah dengan berenang…bisa sehat dan berumur panjang nih. Setiap persendian kita, siku tangan, rua-ruas jari dan lutut ada cairan yang fungsinya meredam gesekan antar tulang.namanya cairan synovial atau cairan sendi. Cairan ini berfungsi sebagai pelumas dan shock beker bagi setiap gerakan yang kita lakukan. Seiring bertambahnya usia, cairan sendi ini akan berkurang elastisitas dan kekentalannya sebagaimana fungsi tubuh kita lainnya. Kita tidak bisa melawan proses alamiah ini, yang bisa kita lakukan hanyalah menghambat dan menjaganya supaya dalam kondisi yang ideal.

Caranya selain dengan berolahraga teratur yah dengan menjaga gaya hidup kita. Jangan terlalu gendut karena berat badan tubuh ditopang oleh lutut kita. Makan makanan yang beragam. Semua makanan itu baik asalkan tidak kebanyakan. Kita tidak pernah bisa tahu zat dan mineral yang dibutuhkan oleh tubuh kita, yang bisa kita lakukan adalah makan saja, gak usah dipikiri, enak gak enak ya dimakan. Biarkan tubuh kita mengolah apa yang masuk melalui mulut kita. Hidup teratur, jam makan yang teratur, jam tidur yang teratur dan olahraga teratur.

Makanan yang baik bagi persendian, termasuk sendi lutut adalah Susu Kedelai, ikan yang mengandung omega 3 dan segala macam buah-buahan.

Kedua, kalori yang dibakar melalui olahraga gowes setara dengan aerobic low impact. Mari kita lihat jumlah kalori yang dibakar dengan berolaraga:

JENIS OLAHRAGA (selama 1 jam) 59 Kg 70 Kg 86 Kg 102 Kg
Aerobik, Low impact 354 422 518 621
Aerobik, High impact 413 493 604 715
Bersepeda ringan, 16-19 km/jam 354 422 518 593
Bersepeda sedang, 19-22 km/jam 472 563 690 891
Bersepeda ngebut, 22-26 km/jam 590 704 863 1080
Bersepeda nekad, 26-30 km/jam 708 844 1035 1220
Bersepeda ngeden, > 30 km/jam 944 1126 1380 1540
Sepeda naik gunung 502 598 733 864
Lari, 10 km/jam 590 704 863 1026
Lari, 17 km/jam 1062 1267 1553 1836
Jalan santai, 3 km/jam 148 176 218 284
Jalan cepat, 5 km/jam 207 246 343 445
Jalan ngoyo, 7 km/jam 236 281 402 526

 

Akibat FunBikeKetiga, sepedaan pagi hari, mulai jam 04.00 - 06.00 sangat baik bagi jantung. Sinar matahari pagi pukul 06.00 - 09.00 sangat baik bagi kulit. Di atas pukul 10.00 hingga pukul 15.00 tidak baik berjemur di bawah matahari karena bisa bikin gosong.

Mungkin kita sering dengar bahwa sinar matahari bisa menyempurnakan vitamin D pada tubuh kita. Benarkah demikian? Kulit, sebagai benteng pertahanan tubuh yang terdepan berperan dalam perubahan zat lemak tertentu menjadi vitamin D oleh sinar UV matahari. Vitamin D ini pun sangat penting bagi tubuh kita dalam proses penyerapan kalsium dari makanan yang kita cerna sehari-hari.

Ketika sinar ultraviolet dari matahari disaring oleh kulit kita,  sinar itu lalu mengubah kolestrol yang terdapat pada tubuh kita menjadi vitamin D selanjutnya otak dan tubuh memberikan sinyal kepada kolestrol dalam darah untuk keluar menuju kulit sehingga kadar kolestrol dalam darah dapat dikontrol dengan baik. 5 menit berjemur dibawah  sinar matahari pagi kita akan mendapatkan 400 unit vitamin D.

Dengan bertambahnya vitamin D yang diserap dari sinar matahari, maka meningkat pulalah penyerapan kalsium di tubuh kita. Hal inilah yang dapat membentuk dan memperbaiki tulang kita. selain itu peningkatan kalsium di tubuh kita

Penelitian juga telah menunjukkan bahwa sinar matahari dapat mengencangkan otot dan menyehatkan jantung. Sinar matahari pagi juga dapat mengurangi depresi karena sinar tersebut melepaskan endorfin yang berfungsi sebagai anti depresi alami dan sangat bermanfaat untuk kasus depresi musiman.

 

KESIMPULAN
Bersepeda sangat baik bagi kesehatan lutut kita. Hampir tidak ada olahraga lain yang bisa melatih bantalan dengkul sebaik gowes secara rutin. Yang namanya olahraga itu pasti menyehatkan tubuh. Sekarang ini saya menambah jatah olahraga saya menjadi dua kali seminggu, yaitu sepedaan dan renang.

Saya pilih berenang karena ini adalah satu-satunya olahraga anti gravitasi yang ada di dunia. Manfaatnya bagi kesehatan tubuh pun banyak: melatih koordinasi otot dan syaraf, melatih paru-paru dan pernafasan, paling baik bagi kesehatan tulang punggung dan sangat banyak membakar kalori. Sayangnya tidak semua orang bisa berenang. Maka dari itu sepedaan ae rek ! Nek teman-teman tinggal di Surabaya, ayo gowes sama saya tiap hari minggu jam 05.30 sampe 08:30. Rutenya mana aja asalkan diatas 60 km !

Share this content

ARTIKEL TERBARU

SERI KEHAMILAN

OBAT TRADISIONAL

SERI OLAHRAGA

ARTIKEL LEPAS

 

  • Minyak Goreng Botol
  • Minyak goreng sehat Golco
  • Minyak goreng murah