Website Wapannuri

PENGALAMAN KLAIM ASURANSI ACE LIFE

Naik motor  Minerva 150cc, jalan 20 km/jam, belok kanan seperti biasanya. Tiba-tiba terjadilah musibah itu. 24 juta langsung melayang. Untungnya, saya memiliki asuransi dari ACE life. Dari jumlah tersebut, saya hanya mengeluarkan 700ribu rupiah saja. Ya, kali ini saya akan membagikann pengalaman saya klaim asuransi kesehatan yang saya miliki.

Pengalaman pribadi klaim asuransi kesehatan

 

KATA ORANG JAWA:WAYAHE APES

Apes...apes...apes....tidak ada yang bisa menolaknya dan juga  mengundangnya. Apes datang sewaktu-waktu, sebagaimana anda melakukan aktifitas seperti biasanya. Padahal ada orang yang menempuh resiko lebih tinggi dari anda tetapi tidak apa-apa. Lah ini.... jalan 20 km/jam tok...belok kanan seperti biasanya...kena pasir...selip...terus cuklek tulang selangka saya ! Gak masuk akal blas ! Teman saya bilang TTDJ alias Hati - Hati di Jalan. Lah...kurang ati-ati apa aku iki ? Gak ngebut, gak ugal-ugalan, gak ngawur...tetep ae cuklek balung'e !

Tukang bakso langganan saya lebih bijaksana. Dia bilang yah, orang Jawa bilang wayahe apes mas. Kalo sudah waktunya apes, jalan biasa saja bisa diseruduk mobil dari belakang ! Wes dinikmati aja, pasti ada hikmahnya... Yah... buat pak bakso, saya jadi sering makan di warung anda Pak...^-^'

Jatuh dari motor minerva 150ccSebagai orang beriman, saya pun belajar, bahwa Allah turut bekerja dalam segala hal untuk mendatangkan kebaikan bagi kita. Sekalipun kecelakaan yang saya alami begitu tiba-tiba, saya harus BELAJAR mempercayai bahwa ada "kebaikan" dalam peristiwa ini.  Yah itulah kehidupan, jika anda mendasarkan pada hukum manusia maka anda melihatnya sebagai musibah, sebaliknya jika mencoba melihat dari sudut pandang lainnya, hukum Allah, maka anda akan melihat musibah ini sebagai "kebaikan". Saya sudah menulis topik hukum Allah dan hukum Manusia ini, sempatkan untuk membacanya !

Saya bukan agen asuransi, tetapi saya ngerti tentang betapa pentingnya asuransi itu.  Saat ini saya memiliki dua polis asuransi, Allianz untuk asuransi jiwa saya dan ACE life untuk asuransi kesehatan saya. Topik perbedaan antara asuransi jiwa dan asuransi kesehatanj uga sudah saya bahas. Jika anda memang berniat membelinya, silahkan baca dulu sebelum memutuskan mengambil asuransi.

Nah, seandainya saja saya tidak memiliki asuransi kesehatan, maka kepala saya akan langsung cekot-cekot begitu masuk rumah sakit. Bayangkan, wes balung cuklek, loro kabeh, terus dikasih tau dokter piketnya, "Pak Wapan, perkiraan biaya operasi menyambung tulang bahu anda sekitar 18 juta. Kalau mau dioperasi paling cepat besok malam, sekitar jam 18.00. Sekarang mau menginap atau pulang ?"

Cenut....cenut...cenut...di bahu saya....juga di kepala saya....

18 juta...edan ! Kerjo pirang taon rek ? Entek cuman sak ndek sak nyet ! Nek kecelakaan, diganti gak ambek asuransine ? Cenut...cenut....cenut....wes tak tekad ae. Sementara ini ngamar disek, kan masih ada waktu 1 hari sebelum dioperasi. Nek asuransine gak mau ganti, ndek sangkal putung ae !

 

AGEN ASURANSI ITU PENTING

Pertayaan pertama yang muncul dalam pikiran saya adalah rumah sakit mana yang kerjasama dengan ACE life. Jangan dihapalkan deh karena informasinya sudah basi, dulu mungkin RS A kerjasama tetapi sekarang tidak. Atau RS B yang dulu tidak berpartner dengan ACE ternyata sekarang sudah kerjasama.

Formulir Klaim asuransi ace life

Anda harus memiliki nomer telepon agen asuransi anda. Nomer handphone-nya, fleksi-nya, Blackberry-nya bahkan telepon rumahnya. Dia pasti mengikuti perkembangan terbaru asuransi karena memang itu pekerjaannya....jika memang masih bekerja di bidang asuransi. Lah...kalo sudah berhenti kerja asuransi gimana ? Matek koen....!! Dia mungkin mau membantu anda tetapi tidak memiliki informasi terbaru, sama dengan anda. Repotnya lagi kalo dia menolak memantu anda secara halus. Hilanglah jalan anda, padahal anda membutuhkan informasi yang cepat dan akurat.

Saya baru menyadari arti penting agen asuransi waktu kecelakaan ini. Untungnya, agen asuransi ACE Life adalah teman kuliah saya dulu yang memang memiliki passion di bidang ini. Jadi saya yakin sekarang dan besok-besok dia pasti masih bekerja di asuransi.

Paradoks-nya, turn over agen asuransi,  apapun namanya, pasti tinggi. Jadi teringat waktu lulus kuliah dulu, saya melamar ke beberapa perusahaan, namun hanya diterima di AIG Lippo sebagai agen asuransi. Saya tidak berminat di bidang ini, tapi apa daya, hanya di perusahaan ini ijasah saya diterima. Daripada nganggur, wes diterima ae, nanti kalo ada perusahaan lain yang. lebih sesuai dengan minat dan bakat saya pasti tak keluar dari perusahaan asuransi yang sekarang sudah dibeli oleh AIA ini.

Kejujuran seorang agen asuransi ?Bekerja dengan passion itu berbeda dengan bekerja karena target.  Ketika anda memilih bidang pekerjaan yang menarik minat dan bakat anda, maka anda siap untuk bekerja untuk jangka panjang, syukur-syukur seumur hidup anda. Dan orang yang bekerja karena passion tidak mengambil keuntungan jangka pendek. Targetnya adalah hubungan, integritas dan kejujuran. Dia akan nyaman, alami dan begitu menikmati pekerjaannya.

Nah, darimana anda tahu bahwa orang yang di depan anda ini adalah agen asuransi yang menjiwai pekerjaannya ? Gampang, tujuannya adalah membantu, bukan closing! Nek ketemu agen yang pikirane closing terus....wes tinggalen ae... percuma... gak bakalan suwe dek asuransi ! Closing adalah tahap akhir setiap transaksi bisnis, namun closing bukan segalanya. Closing hanyalah satu bagian dari transaksi bisnis. Agen yang berpikiran panjang pasti mengerti dan menerapkan aturan ini. Rejeki tidak akan lari, dan rejeki itu benar-benar ada ! Dan saya percaya agen asuransi yang kayak gini itu juga benar-benar ada !

 

PENGALAMAN KLAIM ASURANSI ACE LIFE

Ada dua metode klaim asuransi, reimburse dan kartu asuransi. Sistem reimburse diterapkan bila anda tidak menginap di rumah sakit minimal dua hari. Prosedurnya adalah anda membayar biaya pengobatan anda dulu lalu mengisi formulir klaim sambil menyertakan kuitansi asli pengobatan anda. Jika klaim anda disetujui, maka dalam waktu 14 hari kerja, biaya yang tadi anda keluarkan akan ditransfer ke rekening anda.

Sebaliknya, jika anda terpaksa masuk rumah sakit, seperti kasus yang saya alami maka prosedur klaimnya sangat mudah. Tunjukkan kartu asuransi anda dan pihak rumah sakit akan membantu anda mengisi formulirnya. Anda tidak perlu mengeluarkan uang sepeser pun, juga tidak perlu membayar uang jaminan atau uang kas.

Kartu ACE life asuransi kesehatan saya

Saya tidak tahu persis formulir apa yang diisi karena proses ini dikerjakan oleh kakak saya yang buta sama sekali tentang asuransi. Yang saya tahu, dia minta kartu ACE life dan KTP saya. Dan kemudian dilanjutkan dengan beberapa tanda tangan, saya tidak ingat jumlahnya... namanya aja sedang sakit, masa saya ijek sempet narsis foto-fotoan pake bb dan update status... hadeh...hadeh... Pokok'e pikiran saya waktu itu, ndang mari, ndang masuk kamar dan istirahat.

Setelah proses administrasi selesai, kurang lebih 30 menit,  saya disuruh milih dokter yang akan mengoperasi dulu terus diaturkan jadwal operasinya. Kakak saya minta dokter yang gak terlalu. muda dan juga gak terlalu tua. Yang sabar, yang bisa diajak ngomong, gak jawab tenang, pokok'e beres atau yang jawabnya singkat-singkat. Dokter jaga UGD Siloam menyarankan Dr. Teddy atau Dr. Stephanus, tapi yang bisa dihubungi baru Dr. Stephanus aja. Saya ditanya, mau milih sapa....walah... kayak pijet aeee.... wes pokoke dokter !

Kebetulan Dr. Step masih di Rumah sakit, jadi wes langsung ae pake dokter ini. Dia datang, liat saya dan ngobrol sedikit... yah, ramah dan bisa diajak ngobrol ! Pake Dr. Stephanus ! Deal ! Lalu kita milih kamar....Maunya yang kelas 3 dan isi 4 orang,  tapi kamarnya kosong, adanya kelas 3 yang. isi 6 orang. Yah...gak opo-opo wes ! Ndang mlebu kamar ! Wes pegel, laper lagi !

Sebelum masuk kamar, saya difoto Torax dulu. Yaitu foto tulang dada secara keseluruhan, tujuannya untuk melihat apa ada tulang iga yang patah. Pada waktu ini, kakak saya pulang dan digantikan oleh istri saya. Lah....kok gak dianter istri toh pak ? Kenapa malah kakaknya ? Nah itu dia... sebelum telepon kakak, saya telepon istri dulu. Tapi dia-nya shock cuma isa ngomong kok isa sih, kok isa seh, kok gitu seh...timbang tambah loro, wes aku bilang kamu tenangkan diri aja dulu. Tak suruh koko sing jemput di Prodia dan anterkan ke rumah sakit. Kakak saya lebih pengalaman nangani orang sakit daripada istri saya.... makane tak mintai tolong.

Jangan salah pilih agen asuransi, karena penting waktu proses klaimKenapa saya milih Siloam ? Yah, itu saran agen asuransi saya. Sebelum masuk Rumah Sakit, saya telepon dia,  jelaskan kejadiannya secara singkat dan nanya RS mana yang ada kerjasama dengan ACE life, supaya klaimnya enak. Mau saya sih di RKZ karena dekat dengan jalan Diponegoro, tapi dia bilang pengurusan klaim lebih enak di Siloam. Yah udah, ke Siloam ae wes !

Untuk pertama kalinya, di Siloam ini, saya disuapin istri saya... ha...ha...ha... Dibelikan soto ayam mertua saya. Wah, maemnya lahap karena wes kelaparan. Saya suruh istri saya pulang, gak usah nunggu. Buat apa ? Saya cuman patah tulang, masih sadar, masih bisa bergerak normal. Istri saya maksa mau nungguin, saya juga maksa jangan ditungguin. Saya bilang, mendingan besok aja datang sambil bawa baju, ces-cesan HP dan buku. Nungguin orang sakit itu capek soro, ntik yang sakit sembuh gantian yang jaga sakit karena kepegelen...gitu !

Saya masuk Siloam tanggal 1 Oktober 2012, pukul 19.00, dioperasi tanggal 2 Oktober 2012, pukul 20.00 dan keluar rumah sakit tanggal 3 Oktober 2012, pukul 16.00. Total biaya 24 juta sekian-sekian. Uang yang saya keluarkan Rp 735.000, sisanya dikover oleh asuransi ACE life.

Saya baru tahu kalau ternyata ada biaya yang tidak dikover oleh asuransi seperti biaya administrasi, perban, sarung tangan dan biaya - biaya lainnya yang jumlahnya tidak seberapa. Dalam kasus saya, 700 ribu berbanding 23 juta. Hebatnya lagi, biaya yang saya keluarkan untur kontrol dokter diganti dengan sistem reimburse. Biaya kontrol dokter ini adalah biaya sebelum dan sesudah masuk rumah sakit. Jadi, foto rongen saya di Prodia sebesar Rp 165.000 akan diganti. Dan juga kontrol pertama sebesar Rp 125.000 serta kontrol kedua sebesar Rp 900.000 (dokter + obat).

Untuk biaya sebelum dan sesudah masuk rumah sakit saya talangi dulu. Caranya mudah, waktu kontrol anda harus membawa formulir klaim yang akan diisi dokter. Jangan kuatir, dokternya wes ngerti kok. Dicoret-coret sebentar, distempel dan anda serahkan ke agen asuransi anda disertai dengan kuitansi asli. Dalam waktu 14 hari kerja, biaya yang anda keluarkan tadi akan ditransfer ke rekenin anda. Nah, formulir klaim itu harus anda minta dari agen asuransi anda atau ambil di kantor asuransinya. Kalo saya sih dianter...agen asuransi yang bertanggungjawab ! Siip soro !

Saking tanggungjawabnya, waktu  masuk UGD dia mau datang untuk bantu ngurus proses asuransinya.  Saya bilang gak usah, buat apa, kamu pandu aja, saya harus ngapain... gitu ! Wong saya masih sadar kok ! Kalo mau dateng besok aja, jangan malam ini karena saya pingin istirahat !  Dan besoknya memang dia datang, tapi waktu saya lagi dioperasi, dia ketemu dan ngobrol sebentar dengan istri saya serta menyerahkan formulir klaim untuk kontrol setelah keluar dari rumah sakit.

Formulir klaim asuransi AIA Life

 

KESIMPULAN
Asuransi bisa di-klaim, jangan kuatir ! Asalkan anda benar-benar mengerti tentang asuransi yang anda beli. Jika anda beli asuransi jiwa lantas minta klaim asuransi kesehatan, pasti tidak keluar karena memang tidak ada di perjanjiannya. Pahami baik-baik sebelum anda deal dengan agen yang menawari asuransi. Jangan terjebak dengan desakan closing ! Yang rugi anda sendiri.

Kejujuran agen itu sangat penting. Dia mungkin jujur, tapi tidak fair. Ada hal-hal yang tidak dikatakannya demi closing, padahal hal itu penting. Bersikaplah kritis dan kalau perlu panggil beberapa agen asuransi untuk dibandingkan. Dari sinilah anda bisa mendapatkan gambaran keseluruhannya !

Milikilah satu asuransi sebagai perlindungan terhadap harta anda. Jangan ragu untuk beli karena uang anda sebenarnya tidak hilang, malahan semakin bertambah !

Perbedaan Asuransi Jiwa dengan Asuransi Kesehatan
Jangan salah pilih asuransi, kenali perbedaan utama kedua jenis asuransi ini

Share this content

ARTIKEL TERBARU

SERI KEHAMILAN

OBAT TRADISIONAL

SERI OLAHRAGA

ARTIKEL LEPAS

 

  • Minyak Goreng Botol
  • Minyak goreng sehat Golco
  • Minyak goreng murah