Website Wapannuri

REVIEW SEPEDA MOTOR MINERVA

Sungguh, memiliki sepeda motor laki-laki atau model sport adalah impan saya sejak mengenal kendaraan roda dua. Kalau saya flash back ke masa lalu, impian ini baru tercapai setelah 14 tahun. Gila bener, ngempetnya bisa selama itu ! Wakakakak... Duh, senengnya bisa beli Minerva 150cc dengan hasil keringat sendiri ! Yang pasti bukan dari bisnis online, tapi dari bisnis di dunia nyata. Baiklah, langsung saja kembali ke review minerva !

 

Sepeda Motor Minerva Sach


BELI BARU ATAU BEKAS ?

Biasa, namanya juga Wapannuri. Segala barang miliknya berasal dari bekas.com. Kok gak beli baru sih pak ? Iya, karena barang apapun juga kalo dijual kembali pasti rugi. HP yang baru keluar dari konter, walaupun belum dibuka, harganya sudah berkurang 10-20 persen. Padahal belum dibuka loh... Demikian pula dengan sepeda motor yang salah satu syarat kepemilikannya adalah BPKB dan STNK.

Begitu STNK dan BPKBnya jadi, maka harga motor tersebut langsung berkurang 20-30 persen ! Kalau anda bersikeras menjual barang tadi sesuai dengan harga pasar, saya yakin, seyakin-yakinnya tidak akan ada orang yang mau beli. Kalo cuman selisih sedikit, orang-orang lebih milih beli baru. Lebih puas gitu loh. Ah, jadi ingat Axioo Picopad yang baru saja saya beli. Tentunya masih tetap di bekas.com.

Saya beli picopad bekas tersebut dengan harga 3,5 juta. Harga barunya 4,4 juta. Hebatnya tanggal pembeliannya adalah 26 Maret 2011, gak sampai 2 minggu. Kok ada yaa orang yang mau jual rugi kayak begini ? Beginilah ceritanya.

Si pembeli berencana mengejutkan istrinya yang berulang tahun dengan tablet PC ini. Eh...gak taunya si istri gak bisa menggunakannya. Ya jelas dong bu, lah wong saya sendiri saja gak bisa. Apalagi ibu...wakakakaka ! Sampe saat ini, saya masih kebingungan menambah contact ke android saya. Cek angel'e froyo iki rek ! Maklum, teknologi ter aru dengan device terbaru ! Pokok'e serba baru baru !

Nah, demikian juga dengan Minerva yang saya idam-idamkan. Saya cari di bekas dot com ! Ternyata di Surabaya sangat sedikit orang yang menjual minerva  bekas! Sebaliknya di Jabotabek sangat berlimpah ! Harganya pun gila-gilaan. Gila, murah banget ! Sementara, harga Minerva bekas di Surabaya cukup mahal (dibandingkan dengan Jakarta). Sebagai perbandingan, Minerva 150 VX  tahun 2009 dijual dengan kisaran harga  7,5 - 8 juta di Jakarta. Sedangkan di Surabaya di kisaran harga 8,5 - 9,5 juta. Ada juga orang gak niat yang membandrolnya 10 juta ! Gak boleh kurang lagi ! Kayak jual barang baru ae pak...pak ! Juaji nemen !

Maklum, sudah hukum ekonomi. Dimana sedikit barang namun permintaannya banyak maka harga cenderung naik. Tapi jangan lupa, juga ada faktor lainnya yang mematahkan hukum ini. Yaitu faktor kepepet ! Alias BU, Butuh Uang. Nah, pembeli jenis inilah yang harus kita cari ketika memutuskan membeli barang second. Sayangnya , saya terlambat !

Begini ceritanya, Sabtu tanggal 2 April 2011 lalu saya buka iklan jitu di Jawa Pos. Ada satu orang yang memasang iklan "Jual Minerva 150 R tahun 2009. Hubungi 70xx xxxx"
Langsung saja saya telepon orang tersebut. Harganya 9,5 juta bisa kurang. Nah, karena beberapa hal, hari itu saya tidak sempat melihat motornya. Esoknya saya telepon kembali orang tersebut dan dia bilang Sudah Laku ! Hah ? Cepat sekali ! Hanya satu hari ! Kayak jualan kacang goreng aja ! Artinya. Peminat Minerva bekas banyak namun barangnya langka !

Nah, karena kepingin soro tapi yang dicari tidak ada, maka saya mempertimbangkan untuk beli Minerva baru. Beberapa orang bilang jangan pernah beli motor cina baru. Rugi ! Harga jual kembalinya jatuh ! Iya saya tahu ! Semua baarang baru nek dijual kembali pasti rugi nemen. Tapi khusus produk cina harganya bukan saja rugi, tapi ancur - ancuran ! Kata siapa ? Karena itulah saya melakukan eksperimen ini.

Saya ambil brosur sepeda motor Honda, Yamaha, Bajaj Pulsar, dan Tentunya Minerva. Saya lihat harga barunya dan saya cari sepeda motor bekas yang sama tetapi beda tahun produksi. Dengan melihat  hasil eksperimen di bawah ini anda akan mengerti maksud saya :

Sepeda Motor Baru (2011) Bekas (2009) Kerugian (%)
Yamaha Vixion 22.220.000 17.250.000

22 %

Honda Megapro CW 20.810.000 15.000.000 28%
Bajaj Pulsar 180CW 17.600.000 10.250.000 37 %
Minerva 150VX 17.700.000 9.000.000 49%

Nah, apa yang bisa kita simpulkan dari tabel di atas tadi ? Gampang, harga bekas sepeda motor Minerva hancur, makanya sedikit orang yang mau jual rugi. Tapi, kalau dipake sendiri dimana ruginya ?


REVIEW SEPEDA MOTOR MINERVA
Minerva Sach German saat ini memiliki tiga jenis kendaraan roda dua. Tapi sebelumnya saya mau mengingatkan teman-teman bahwa sepeda motor ini bukan buatan Jerman.     Minerva ini buatan Cina dengan menggunakan teknologi Jerman ! Artinya ya tetap Mocin. Mau teknologi Jepang, Amerika, atau India. Tetap Made in China ! Sebelumnya saya juga terjebak dengan kalimat tadi...hehehe... mau motor Cina, mau motor India, yang penting saya senang,  apalagi modelnya sporty dan keren !

Sebenarnya, apa sih masalahnya dengan sepeda motor Cina ? Kabar burung yang terkenal mengenai kendaraan roda dua buatan Cina ini negatif. Mogokan, panas sedikit mati, tarikannya kurang, ngembot, kasar, dan lainnya. Yang paling parah adalah dealernya tidak bertanggungjawab dan importirnya gampang tutup. Akibatnya spare part tidak tersedia. Kalaupun ada, maka harganya mahal.

Memang benar sekaligus juga salah. Bengkel langganan saya bilang kalo sistem pengapian sepeda motor Cina itu jelek sehingga masalah cepat mogok dan gampang mati kalo panas sering terjadi. Kebanyakaan tukang servis motor tidak mengerti hal ini sehingga tidak bisa nyetel mocin. Untuk mengatasi masalah ini gampang ! Ganti saja sistim pengapiannya, maka anda akan terbebas dari masalah ini. Loh ? Terus spare partnya dari mana pak ? Mudah sekali, ganti saja dengan spare part dari Honda !

Bagaimana dengan Minerva ? Untungnya juga bisa digonta-ganti dengan sparepart Honda juga. Tepatnya Honda GL MAX atau GL PRO. Dengan mengganti sistem pengapian Minerva dengan punya Honda GLMAX maka masalah mogokan dan cepat panas terselesaikan. Hebatnya, tarikannya jadi lebih mantap dan larinya lebih kencang. Tentu saja ditambah dengan setelan yang pas. Puji Tuhan, saya menemukan bengkel sepeda motor yang TEPAT. Namanya Bengkel 76, lokasinya di jalan Pacuan Kuda, Surabaya. Saya tidak sreg jika tidak di tune up ama benkel ini.  Bukan sugesti tapi kenyataan.

Om pemilik bengkel tersebut profesional. Tanpa menyentuh ataupun menyalakan kendaraannya dia bisa tahu masalahnya. Hebat ! Bukan manusia ! Hahahahaha..... memang begitulah orang yang jam terbangnya tinggi ! Seperti mama saya yang bisa tahu Roti ini gak bakalan jadi dengan melihat adonannya sekilas saja.

Berikut ini spesifikasi dan harga sepeda motor Minerva yang beredar di pasar (Dealer Minerva Surabaya Jalan Urip Sumorharjo 11) :

MINERVA 150 VX Harga OTR (2011) Rp 17.700.000,00

Minerva 150VX 2011 Putih

Spesifikasi Minerva 150VX
  • Tipe
  • Kapasitas Mesin
  • Perbandingan Kompresi
    Diameter x Langkah
    Tenaga Maksimum
    Torsi Maksimum
    Transmisi
    Suspensi Depan
    Suspensi Belakang
    Rem Depan
    Rem Belakang
    Final Gear Ratio
    Ban Depan
    Ban Belakang
    P x L x T (mm)
    Jarak Sumbu Roda(mm)
    Berat Kosong (kg)
    Kapasitas Tangki (Lt)
    Lampu Depan
    Lampu Sein

: 4 Stroke SOHC, Oil Cooler
: 147 cc
: 9,2 : 1
: 61 x 49,5
: 13.5 ps / 9500 rpm
: 10.5 Nm / 7000 rpm
: 5 Kecepatan
: Tipe Upside Down
: Monoshock
: Cakram Double Piston
: Cakram Double Piston
: 2.533
: 80/90 x 17 Tubeless
: 120/70 x 17 Tubeless
: 1982 x 675 x 935
: 1365
: 115
: 12
: Projection Headlamp
: Tipe LED


MINERVA Magelli 250 SE Harga OTR (2011) Rp 30.650.000,00

Minerva Magelli 250

Spesifikasi Minerva Magelli 250
  • Tipe
    Cc
    Sistem Pendinginan
    Compression Ratio
    Bore x Stroke
    Maks. Power
    Maks. Torsi
    Transmisi
    Suspensi Depan
    Suspensi Belakang
    Rem Depan
    Rem Belakang
    Velg Depan
    Velg Belakang
    Ban Depan
    Ban Belakang
    P x L x T (mm)
    Seat Height (mm)
    Jarak Sumbu Roda

: 4 Stroke SOHC, 4 valves
: 247 cc
: Water Cooler
: 11.1 : 1
: 77 x 53,6
: 27 ps / 9000 rpm
: 22 Nm / 7000
: 6 Kecepatan
: Telescopic (SE) Upside Down (RE)
: Monoshock
: Disc Double Piston
: Disc Double Piston
: 2.75 x 17 CW
: 3.5 x 17 CW
: 100/70 x 17 Tubeless
: 130/70 x 17 Tubeless
: 1990 x 780 x 1060
: 800
: 1350


Minerva Madass 125 Harga OTR (2011) Rp 17.100.000,00

Minerva Madass 125, sepeda motor apa ini ?

Sebenarnya masih ada satu tipe lagi, yaitu Minerva GTR 150. Tapi karena tipe ini jenis bebek, maka saya malas mereviewnya...hehehehe... Lagipula, waktu saya mampir di showroomnya, GTR 150 ini gak ada displaynya ! Untuk spesifikasi Madass dan GTR 150 bisa dilihat di situs resminya minerva, www.minerva.co.id.

Minerva 150GTR, jenis bebek Saya memilih tipe 150VX karena sesuai dengan kebutuhan saya. Gak kepingin yang 250cc pak ? Kepingin juga sih, tapi berat ! Berat di harga, berat di perawatan dan juga berat kalo dorong. Nek bannya gembos yak apa ? Matek nyurung'e. Sebenarnya saya seneng warna hitam, tapi istri saya seneng warna putih. Tentu saja saya cinta istri saya dan memilih warna putih. Karena stok yang tersedia saat itu hanya warna putih saja...wakakakak ! Nek ada yang warna hitam ya jelas saya pilih yang item !

Cinta istri ama keinginan saya gak ada hubungannya dong ! Untuk Minerva 150VX ini tersedia empat warna, Hitam, Putih, Merah, dan Kuning. Warna kuning sangat manis, sayang harganya lebih mahal 400ribu rupiah. Katanya stoknya sedikit ! Ala....kulakannya paling sama !

Nanti kalo ketemu orang yang lucu pake Minerva 150VX warna putih di Surabaya, berarti itu saya ! Langsung aja teriaak...."Paaak Waaapaaan, Review Minerva bapak di wapannuri dot com keren !" Wakakakakakak..... akhirnya dream come true ! 14 taon ngidam rek !

Share this content

ARTIKEL TERBARU

ARTIKEL EKONOMI

POLITIK

ARTIKEL LEPAS