Website Wapannuri

SOLUSI MASALAH BLACKBERRY CDMA DAN GSM

Masalah - masalah dibawah ini tidak hanya terjadi pada Blackberry CDMA , BB GSM pun juga mengalami problem yang sama. Saya akan mencoba menjelaskan penyebab dan memberikan solusinya. Kalau tidak bisa berarti anda harus browsing lagi.... ha....ha...ha... kapok koen ! Paling tidak ada 4 masalah Blackberry yang akan saya kupas di sini : PIN Suspend, Blackberry lemot, tidak bisa install App World dan Profil PIcture Error

Solusi beberapa masalah Blackberry CDMA dan GSM

 

MENGENAL PIN SUSPEND ATAU TIDAK

Ini adalah masalah utama Blackberry. Pertanyaan ini se ring diajukan ke saya, garansi PIN bagaimana ? Jujur bingung dengan ngejawab pertanyaan ini. Yang nanya ini gak ngerti BB atau ngetes ? Mau jawab Garansi seumur hidup kok saya jadi kelihatan bego, gak dijawab ya salah. Wes....wes....akibat ulah sebagian kecil orang, yang kena getahnya orang banyak.

Cara mengetahui PIN suspendPIN suspend itu adalah PIN yang dicoret dari server Blackberry. Jika terdaftar tapi belum tersambung, maka PIN tidak akan suspend. Jaringan blackberry itu ekslusif, datanya di enkripsi oleh RIM dan hanya mereka yang bisa menengkripsinya. Tujuan RIM men-eksklusif-kan jaringannya adalah segmen pasar mula-mula adalah para pebisnis dimana data adalah aset yang berharga bagi perusahaan.

Email, chatting, sosial media dan data di internet tidaklah terlalu aman. Ketika anda mengirim dan menerima informasi melalui internet, maka data tersebut bisa dilihat publik yang tidak berkepentingan. Bagi perusahaan yang hidup matinya bergantung pada rahasia formula bisnis, maka internet adalah tempat yang tidak aman. Di sinilah peran RIM dengan Blackberry-nya.

Sekalipun anda memiliki Blackberry, jika tidak terdaftar di server RIM, maka anda tidak akan bisa menggunakan fasilitas BBM. Dan setiap kali BB anda dinyalakan, maka ponsel pintar ini akan memverifikasikan PIN anda dengan server mereka. Ketika server RIM tidak menemukan nomer PIN anda pada database mereka, maka terjadilah bencana itu. PIN suspend ! OMG.....

Mengapa PIN anda tidak ada dalam database RIM ? Padahal dulu lancar - lancar saja kok...

  1. Adanya update database server RIM. Si pembuat Blackberry ini rajin merawat servernya, sebulan sekali dia men-delete PIN yang tidak terpakai. Kriterianya ya RIM sendiri yang menentukan, ojok tanya ambek aku, gak kerjo ndek RIM soale rek. Atas dasar inilah, Blackberry BM cuman berani garansi 2 - 4 minggu saja. Soale updatenya sebulan sekali. Memang ada kemungkinan RIM salah mendelete PIN anda, padahal anda beli BB garansi resmi. Tidak masalah,  pasti diganti baru. Lah nek BM yak apa pak ? Emboh wes....salahmu dewe...gak ngurus...
  2. Ada permintaan untuk mensuspen PIN anda. Ya, anda bisa mengirimkan email untuk men-suspen PIN anda sendiri atau PIN orang lain. Tetapi proses ini tidak segampang membalik telapak tangan. Mungkin di blog lainnya ada yang pernah melakukan permintaan ini. Alasannya sih karena Blackberry-nya dicuri orang, ben podo gak iso makainya.
  3. PIN Klonengan. Intinya adalah satu PIN untuk 2 atau lebih Blackberry, istilah lainnya PIN dobel atau PIN ganda. Nek memang PIN BB anda adalah hasil klonengan, dijamin 14 - 28 hari kerja pasti suspend. Apesnya, PIN orang yang di kloneng juga ter-suspend juga ! Dalam waktu 2 minggu ada 2 orang apes dan 2 orang (penjual) kena badai amarah, toko resmi dan toko BM ! Capeee deh....
  4. PIN Buatan. Jenis PIN ini lebih aman daripada PIN dobel karena menfaatkan kelemahan sistem, tapi suatu saat pasti ketahuan juga. Untuk itu anda harus mengingat-ingat hukum PIN Blackberry. Untuk jaringan GSM, PIN selalu diawali dengan angka 2. Untuk CDMA kepala 3, untuk Blackberry Connect adalah kepala 5 dan 6.

Baiklah, sekarang bagaimana cara mencegah agar PIN blackberry anda tidak tersuspend ? Ya gampang, beli aja Blackberry yang garansi resmi. Kalau disuspen langsung aja datang ke servis centernya. Kan nanti diganti baru. Gitu aja kok repot !

Tanda PIN yang tersuspend adalah sinyal searching terus. Abis nyambung, putus, nyambung lagi, putus lagi, nyambung lagi, putus lagi. Begitu seterusnya.

 

TIDAK BISA INSTALL APP WORLD BLACKBERRY

Saya sering menemukan kasus ini. Ada dua jenis masalah yang berhubungan dengan Blackberry App World ini :
  1. App world sudah ada di dalam Blackberry, tetapi tidak bisa dibuka. Kalo dibuka selalu error. Icon-nya ada, tetapi ya itu gak isa dibukaaaa.....
  2. Tidak ada App worldnya, terus dicoba di install melalui browser tidak bisa, error terus.

Masalah tidak nyambungnya App world itu biasanya dialami oleh Blackberry CDMA yang standar amerika, biasanya di bodi mesin bagian belakangnya ada tambahan tulisan "US Listed". Jangan salah paham, justru Blackberry ini yang kualitasnya bagus, tapi saking bagusnya sampai sering muncul masalah install Blackberry App world ini.

Solusi tidak bisa install blackberry app worldPenyebabnya adalah default koneksi servernya. BB dengan tulisan "US Listed" akan mencari server Blackberry US, karena itu akan langsung error ketika dinyalakan di Indonesia. Soale gak ketemu servernya. Lah...pak wes tak coba search di Google pake browser bawaannya Blackberry loh pak, tapi tetep gak iso. Kenapa ya ?

Semenjak update Google Panda dan Google Pinguin, si Google ini jadi canggih. Dia bisa mendeteksi secara otomatis lokasi kita dan memunculkan hasil pencarian yang terdekat dengan lokasi kita. Jika posisi kita di Indonesia, maka hasil pencarian yang muncul adalah hasil di Indonesia dulu baru kemudian hasil di lokasi sekitarnya, misalnya hasil dari Singapura, Malaysia, Asia baru hasil dari seluruh dunia. Untuk mengetahuinya cukup mudah, perhatikan ekstensi si Google, muncul Google.com atau Google.co.id ?

Jika munculnya sebagai google.co.id, maka saya pastikan proses download dan install App World 90% berhasil. Sebaliknya jika muncul Google.com, 100% akan gagal. Karena ya itu, saking tingginya standar US itu, sampai-sampai default search engine di browser pun di setting untuk pasar US. Ini lak menyengsarakan si penjualnya... aduh biyung...biyung...

Solusi masalah tidak bisa install Blackberry App World adalah menginstal ulang aplikasi ini. Bisa melalui browser atau melalui komputer PC. Saya tidak pernah menginstall aplikasi BB melalui komputer karena selalu berhasil install melalui browser. Hahahahaha...pinter toh aku !

Jika anda tidak suka tantangan, maka cara sukses menginstall  App World adalah memasukkan alamat email ke website Blackberry Indonesia dan dalam sekejab link download akan terkirim ke email anda. Silahkan di klik dan berdoalah supaya proses download dan install berjalan lancar. Jangan sampai salah memasukkan alamat email loh ya. Tulis alamat email yang nyambung ke blackberry anda, lalu buka link itu dari BB, bukan dari PC anda. Lak yo podo ae nek mbuka link downloadnya dari PC... caape deh !

Cara sukses download blackberry app world

Jika anda suka tantangan, saya kasih sedikit kuncinya. Kunci pertama, ada dua browser di blackberry. Hanya satu browser saja yang bisa digunakan untuk menginstall App World. Wap browser atau broswer tok ? Kunci kedua, perhatikan antara Google.com dan Google.co.id. Dan kunci terakhir, cari link download yang tepat ! Salah pilih link berarti gak bisa di download. Selamat mengutak - atik Blackberry anda !

 

CARA MENGATASI BLACKBERRY LEMOT

Mengapa Blackberry bisa lemot ? Ya itulah kelemahan si ponsel pintar yang tidak pintar ini. Memang semua smartphone itu pasti mengalami masalah manajemen memory, tetapi tidak separah Blackberry. Penyebab leletnya Blackberry anda ada dua, yaitu gara-gara operator dan gara-gara kehabisan memory.

Jika penyebab lemotnya karena operator, maka satu-satunya jalan adalah mengganti operator blackberry anda. Apalagi jika koneksi Blackberry anda masih EDGE, walah, wes dijual ae. Wes gak usum maneh.

Sebaliknya, jika karena kepenuhan memory, maka lakukan tips berikut ini. Saya yakin Blackberry anda akan kembali seperti perawan. Wuzzz....wuzzz....wuzzz, durung dipitek wes mlaku dewe.

TIPS MENGATASI BLACKBERRY YANG LELET
  1. Usahakan tiap 2-3 hari sekali, cabut bateri BB, dan biarkan selama 1-2 mnit, ini fungsinya untuk membuang dan menghapus sisa-sisa file yg tidak terpakai akibat proses chatting maupun browsing.
  2. Lakukan secara rutin Clear Log Event dengan cara tekan ALT+L G L G..akan muncul dilayar hasil log,tekan logo menu  Blackberry ,pilih Clear Log (jika bhs inggris), atau bersihkan Log (jika bhs malaya), tekan Clear.
  3. Lakukan juga secara rutin Cleaning Memory, dgn cara, pilih Options, Security Options, Cleaning Memory, tekan logo menu Blackberry ,pilih Clean Now.
  4. Tiap 2-3 hari sekali, lakukan Host Routing Table, dengan cara pilih Options, Advanced Options, pilih Host Routing Table, tekan logo menu Blackberry, pilih Register Now.
  5. Dan setelah step ke 4 diatas,lakukan juga tiap 2-3 hari sekali Diagnostic Test, ini sangat penting. Coz inilah bukti apakah BB kita brhubung dgn operator,baik PIN, Register maupun Email. Dengan cara, pilih Options, Mobile Network, setelah itu tekan logo  ,pilih Diagnostic Test, lalu tekan lagi logo menu  ,pilih RUN,biarkan sampai proses berjalan Completed, jika hasil proses ada yg NO,ulangi lg agar hasil smua YES..

 

PROFIL PICTURE BLACKBERRY TIDAK UPDATE

Ada tiga masalah yang berhubungan dengan PP blackberry ini :
  1. Kita tidak bisa melihat profil picture kita sendiri. Lah ini dia... kok gak iso yo ? Emboh gak eroh. Tapi untungnya orang lain bisa melihat Profil Picture kita di Blackberry messenger mereka. Ketika kita merubah profil picture kita maka mereka bisa melihat perubahannya. Masalah ini tergolong tidak merepotkan, pokok'e orang lain isa liat PP kita ya wes.
  2. Kita tidak bisa melihat Profil Picture teman - teman kita. Yang keluar di contact kita gambar default Blackberry, padahal mereka sudah melakukan update gambar, namun kita tidak bisa melihat perubahannya. Ini masalah gampang. He...he...he....
  3. Profil Picture kita tidak berubah sekalipun kita sudah bolak balik menggantinya. Memang di Blackberry kita sudah berubah, tetapi di Blackberry teman kita masih gambar sebelumnya. Nah.... ini matek koen !!

Penyebab masalah Display Profil Picture Blackberry yang tidak terupdate, tidak bisa dilihat dan tidak muncul semuanya adalah jaringan Blackberry. Bukan BB kita, tetapi karena koneksi kita ke server RIM tidak sempurna. Jadi, solusinya adalah memperbaiki koneksi data ke server blackberry.

Blackberry display picture tidak keluar, bagaimana solusinya ?Kabar buruknya,  masalah ini terjadi secara acak dan tidak ada cara untuk memperbaikinya. Kecuali untuk masalah kedua, tidak munculnya avatar teman di blackberry kita. Anda hanya perlu mendelete dan menginvite ulang mereka. Kalau contact anda banyak, backup dulu kemudian delete semua lalu restore. Wes, kemungkinan besar masalah foto PP teman kita selesai.

Jika anda mengalami masalah tidak update-nya profil picture anda di BB teman - teman anda maka anda hanya bisa berdoa semoga terjadi mujizat ! Dari beberapa forum blackberry yang saya baca di internet, cara menyelesaikan masalah ini dengan reset software, install ulang, hard reset total, dibawa ke mbah dukun....semuanya tidak berhasil.

RIM sendiri bungkam dengan permasalahan ini. Dia sudah memperbaiki bug dan mengupdate servernya, namun jika tetap saja terjadi, maka RIM akan berusaha menyelesaikannya. Dari tahun 2009 sampe sekarang.... Masalah yang berat ya bos....

Jangan bertanya kepada saya masalah Profil Picture Blackberry. ini karena saya sudah menyerah ! Silahkan browsing lagi....silahkan... monggo dinikmati saja.... selamat berjuang ! Jangan menyerah kayak saya ya....!

 

KESIMPULAN
Tidak ada masalah yang tidak bisa diselesaikan. Dan tidak ada yang namanya hidup tanpa masalah. Demikian dengan Blackberry CDMA atau GSM anda. Jangan marah dulu kalau menemukan masalah, tenangkanlah diri anda dulu, berpikirlah dan mulailah menyelesaikan masalahnya.

Jika anda merasa bahwa Blackberry CDMA itu penuh dengan masalah sehingga tidak layak di beli, maka anda salah. Bahkan Blackbery GSM pun bermasalah. Tapi hanya 2-3% saja, namanya juga produksi masal rek, pasti ada yang namanya barang reject. Sekalipun quality control-nya super ketat yang namanya error itu pasti ada satu dua biji. Karena itu belilah Blackberry yang bergaransi resmi. Itu perlindungan anda. Toh Blackberry BM dan BB resmi hanya selisih 100ribu rupiah saja !

Perbedaan Blackberry CDMA 8530 dan 9330
Dua Blackberry Murah 1 jutaan, kira-kira mau beli Aries atau Kepler ?

Share this content

ARTIKEL TERBARU

PONSEL DAN GADGET

BISNIS ONLINE

SOFTWARE KOMPUTER