Website Wapannuri

2 SOFTWARE CONVERTER MKV KE AVI GRATIS DAN OPEN SOURCE

Review 2 software converter gratis karena opensource yang saya temukan setelah googling selama seharian, Format Factory dan Super Video Connverter. Silahkan klik untuk download langsung dari website resminya namun ada baiknya anda baca review saya lebih dulu karena saya yakin pasti akan menambah wawasan anda dalam dunia konvert mengkonvert video gratisan yang bisa didownload di internet. Di bagian akhir tulisan ini akan saya bahas juga cara mengedit video youtube dengan eksistensi .flv tanpa perlu mengkonvert ke file .avi. Trik ini akann menghemat waktu mengedit video hasil download dari Youtube.


Review Software Video Converter

 

MKV, AVI, DIVX, XVID DAN DVD

Mengapa harus bingung - bingung merubah file mkv ke avi ? Karena file avi dengan format divx bisa disetel di DVD player. Cara mengetahui apakah dvd player anda support Avi adalah dengan melihat ada tidaknya colokan USBnya. Jika ada, 90% DVD anda bisa membaca file avi. Kedua, lihat sticker dvd player anda apakah ada tulisan DivX ? Jika ada maka sudah pasti bisa liat filem hasil downloadan anda. Kabar baiknya, saat ini hampir 99% DVD Player yang ada di pasaran sudah mendukung format DivX, apalagi DVD player buatan Cina, sudah pasti bisa.

divx videoDi rumah, saya punya dua DVD player. Yang satu merk LG saya taruh di kamar karena support audio 5.1. DVD bermerk ini suka pilih - pilih CD, kadang mau baca dvd bajakan dan kadang gak mau. Atas dasar ittulah saya beli lagi DVD cina yang harganya 200rb-an. Semua cd pasti kebaca, sekalipun permukaannya banyak goresannya. Kalau ditanya, enak mana dvd LG dengan dvd cina ? Jawaban saya jelas enakan liat filem di LG karena hasil gambar dan kualitas suaranya jauh banget.

Film yang sama jika diputar di DVD Cina suaranya gak keluar alias mendem. Tukang servis langganan saya bilang kalo DVD bermerk itu ada hardware MPEG-nya. Jadi output suara dan gambarnya bisa optimal. Memang kalo gambar tidak terlalu kelihatan, tapi kualitas suaranya jelas beda. Bisa cring, cring, cring dan bum, bum, bum. Yah itulah yang namanya barang murah dengan barang mahal. Gak mungkin barang murah lebih baik dari barang mahal. Fungsinya memang sama tapi kualitasnya pasti beda.

Nah, karena kebanyakan film bioskop yang saya download formatnya .mkv atau matroska yang notabene gak bisa diputar di dvd player saya, maka terpaksa harus cari program untuk merubah file mkv menjadi avi. Saya maunya software yang gratis dan proses rendernya cepat. Kalo bisa kurang dari 1:1, (artinya film 1 jam proses rendernya juga 1 jam). Saya gak mau beli software karena sing gratis ae akeh kok lapo tuku. Sekalipun mbayar kan bisa cari yang crack-crackan. Tapi sebelum nge-crack saya coba cari video converter open source dulu. Kalo gak ketemu ya terpaksa deh..... hehehehehe.....

Xvid dan DivXApa perbedaanDivX dan Xvid ? Yang pasti kedua-duanya bereksistensi .avi dan sama-sama merupakan codec video yang terkenal di dunia internet.

DivX dulunya adalah codec opensource tetapi sekarang sudah dikomersialkan oleh pendirinya. Sedangkan Xvid adalah codec yang saat ini masih gratis alias opensouce. Codec adalah singkat dari Encode - Decode.

Proses Codec adalah proses merubah format file menjadi format lain, misalnya saja dari file mkv ke avi, dari .flv ke .mov, atau dari .avi kembali ke .mkv. Analoginya ya file tersebut dibaca dengan bahasa aslinya (coding) kemudian ditulis lagi menjadi format baru (encoding). Tujuan codec ini bermacam-macam, untuk mengecilkan ukuran file, untuk meningkatkan kualitas gambar, untuk merubah ukuran pixelnya, atau untuk iseng-iseng saja. ^-^'

Beberapa orang bilang kualitas DivX lebih baik daripada Xvid walaupun sama-sama dalam bentuk .avi. Di bawah ini saya siapkan video yang saya convert dengan DivX dan Xvid, silahkan anda nilai sendiri mana yang lebih bagus. Kalau saya tetap akan memilih DivX karena bisa diputar di DVD player LG saya. Namun, ada beberapa teman yang DVD playernya bisa memutar format DivX sekaligus format xVid. Umumnya DVD player buatan cina bisa buat liat film DIVX dan Xvid. Makanya, mendingan beli DVD player cina aja. Wes murah, tahan banting, kuat lagi ! he...he...he....

mkv ke aviMkv adalah Video coding dari Rusia yang saat ini banyak digunakan untuk menyimpan film bioskop di internet.90% film gratis yang ada di internet pasti menggunakan matroska ini sebagai converternya. Kelebihan format ini adalah ukuran file lebih kecil dengan kualitas suara dan gambar tinggi. Rata-rata filem yang menggunakan format .mkv ini lebih kecil setengahnya jika dibandingkan dengan format .avi. Jika film Mission Impossible anda 700Mb dengan format avi, maka akan menjadi 400mb dengan format .mkv. Kualitas dambar dan suaranya 95% sama. Luar biasa bukan ? Kelemahannya yaa itu, gak isa diputar di DVD Player sebelum diconvert ke DivX. Mblenger rek, seharian kerja di depan komputer terus liat film di komputer...hadeh...hadeh.. malesnya liat komputer....!


REVIEW FORMAT FACTORY DAN SUPER VIDEO CONVERTER

Mana yang lebih baik ? Format Factory atau Super Video Converter ? Atau program lainnya seperti Total Video Converter, Any Video Conveter, dan banyak lagi tool untuk merubah format video di internet sana. Di bawah ini saya akan membagi hasil converter video yang saya download di youtube dengan menggunakan FF (FormatFactory) dan Super.

Pertama-tama, video ini saya download dari youtube. Bingung juga milih video yang pas soalnya syaratnya harus pendek biar rendernya cepet dan lucu. Harus lucu karena bolak-balik render, nek gak lucu kan mblenger...he...he..he... Maunya sih film cewek sexy tapi sing suka cowok tok padahal kan juga ada visitor cewek yang kesasar ke sini. Akhirnya tak pilih cartoon aja deh. Dan jatuhnya ke Street Fighter 4 he..he...he.... Ini source aslinya dari YouTube:

 

Saya download video Youtube ini dengan menggunakan KeepVid.com. Format yang saya pilih adalah .FLV 480pixel. Panjangnya videonya 1 menit 11 detik, besar filenya 11Mb.

Pertama-tama saya convert video street fighter menjadi avi dengan menggunakan Super. Alasan saya menggunakan super ini karena hasil converternya dari FLV ke AVI tidak terlalu mengurangi kualitas gambar dan suara. Paling lossnya sekitar 10-20% saja. Jika dibandingkan dengan software lainnya, hasil Convert menggunakan SUPER jauh lebih baik. Settingnya sebagai berikut :

Converter video youube ke avi


Waktu yang ditubuhkan untuk menkonvert video .flv ke .avi dengan menggunakan Super video converter ini 2 menit 12 detik. Berarti 1:2 artinya 1 menit video youtube memerlukan waktu 2 menit menjadi file .avi. Besar filenya sekarang menjadi 13,6Mb.

Jika mengkonvert menggunakan Format Factory, waktu yang dibutuhkan hanya 43 detik, tapi besarnya file sekarang menjadi 21,5Mb. Kualitas gambar dan suaranya jauh lebih bagus jika dibandingkan dengan menggunakan Super. Kok sekarang saya cenderung lebih suka dengan Super yaa ? Mungkin karena tampilannya simple dan lebih cepat. Memang sih, pilihannya jauh lebih banyak Super daripada Format Factory.

Tampilan Format Factory

Kedua, saya convert lagi file avi tersebut menjadi mkv dengan menggunakan Format Factory dan Super. Waktu yang diperlukan Format Factory 43 detik, sedangkan Super 2 menit lebih sedikit. Kualitas suara dan gambarnya sama. Bedanya hanya di besar filenya. Format Factory 22,9Mb sedangkan Super 77,6Mb

Terakhir, saya konvert kembali kedua video itu untuk saya upload ke youtube. Jadi saya konvert lagi dari .avi ke .flv. Dan inilah hasilnya :

Format Factory: (avi) 22,9Mb ---> (flv) 4,1Mb

 

SUPER: (avi) 13,6Mb ---> (flv) 4,1Mb

 

KESIMPULAN
Dari sisi kualitas gambar dan suara, hasil convert menggunakan Format Factory maupun SUPER sama. Perbedaan besar kecilnya file tidak bisa dijadikan patokan mana yang lebih kecil karena kadang mengconvert menggunakan Super lebih kecil dibandingakan dengan Format Factory. Kadang Format Factory lebih kecil daripada Super. Tetapi kalo masalah kecepatan render. Jelas Format Factory (1: 0,75) lebih unggul dibandingkan Super (1:2).

Jadi, sebaiknya anda mendownload Format Factory dan menggunakannya untuk merubah file mkv menjadi avi atau video download dari Youtube (.flv) menjadi .avi. Baik Super maupun Format Factory bisa mengconvert semua tipe video menjadi format yang anda inginkan. Selain itu, tampilan Format Factory lebih mudah dimengerti daripada tampilan Super. Sisi negatifnya opsi pilihannya menjadi terbatas.

Praktisnya, saya hanya butuh untuk mengconvert file mkv saya menjadi avi supaya bisa ditonton di DVD player saya. Jadi saya tidak butuh opsi canggih yang ada di SUPER. Lagipula saya butuh proses convert video yang cepat, sebisa mungkin 1banding setengah. Dengan Format Factory kebutuhan saya sudah terpenuhi. Dan kabar baiknya, kedua software ini Gratis karena Open Source.

Panduan Langkah demi Langkah menggunakan Format Factory
Saya memutuskan menggunakan Format Factory untuk merubah format video saya

Dimana bisa download film bioskop gratisan ?
Ada banyak pilihan website, tapi saya lebih suka di cinema31 dan indowebster.

Kenali lebih lanjut tentang format Video dari Kaskus
Thread di kaskus ihi sangat lengkap. Saya yakin semua pertanyaan anda akan terjawab!

Share this content

ARTIKEL TERBARU

PONSEL DAN GADGET

BISNIS ONLINE

SOFTWARE KOMPUTER